Wajib Serap DPK Rp 900 M Sampai Akhir Tahun

COBA: Nasabah BRI mencoba menghidupkan mesin motor yang merupakan salah satu hadiah yang diberikan BRI Malang Kawi di Undian Simpedes Semester I 2014.

MALANG – Kantor Cabang BRI Malang Kawi optimis, target serapan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 900 miliar akan tercapai di akhir tahun. Berdasarkan data terakhir, angka DPK hingga Agustus tercatat sebesar Rp 753.004 miliar.
“Semester kedua, khususnya kuartal ketiga ini kemungkinan besar dana masyarakat banyak yang masuk ke perbankan,” ucap dia.
Menurutnya, ada beberapa faktor pendukung. Dari dunia bisnis, akhir tahun adalah masa panen bagi para petani tebu. Di dunia pendidikan, saat ini adalah musim penerimaan mahasiswa baru, dimana banyak dana dari orang tua mahasiswa luar daerah yang mengalir ke Malang.
“Jadi, target Rp 900 miliar tersebut kemungkinan bisa tercapai,” tegas MBM BRI Malang Kawi, A Suprayogi saat ditemui Malang Post usai acara penyerahan hadiah Undian Simpedes Semester I 2014 di Baiduri Sepah Resto kemarin (17/9).
Untuk mengejar pencapaian target DPK, pria yang akrab disapa Yogi ini menuturkan ada beberapa langkah strategis yang dilakukan BRI Malang Kawi untuk mempercepat penyerapan dana murah di masyarakat.
Selain rutin menggelar Undian Simpedes, BRI juga memiliki program-program lain seperti Unit Get Member, Panen Bulanan Simpedes, hingga Simpedes Hadiah Langsung. Yogi menjelaskan, Unit Get member adalah program dimana nasabah dan karyawan BRI akan mendapatkan reward jika bisa mengajak saudara, keluarga, atau kolega untuk menjadi nasabah bank pelat merah tersebut.
“Semacam program member get member kalau di bisnis retail,” ucap pria berkacamata tersebut.
Sedangkan, program Panen Bulan Simpedes merupakan promo dua bulanan yang digelar di tingkat unit. Dimana, nasabah yang melakukan top up tertinggi akan mendapatkan hadiah dari BRI.
“Kalau Simpedes Hadiah Langsung, sesuai dengan namanya adalah pemberian hadiah langsung kepada masyarakat yang baru membuka rekening BRI,” rinci dia.
Sementara itu, Wali Kota Malang, H M Anton dalam sambutannya mengatakan,  BRI memberikan peranan penting dalam rangka meningkatkan produktifitas pengusaha mikro melalui kredit usaha kecil.
“Selain itu, melalui program corporate social responsibility (CSR), BRI juga berperan aktif dalam kegiatan membangun Kota Malang khususnya alun-alun yang pembangunannya akan dimulai pada Oktober mendatang,” ucap dia.
Dalam acara tersebut, ada puluhan hadiah yang diberikan kepada pemenang Undian Simpedes. Tercatat ada 15 unit dispenser, 12 unit blender, 15 unit DVD, 15 unit juicer, 12 unit lemari es, 20 unit  televisi LED, 29 unit motor,  dan hadiah utama berupa Suzuki APV Arena sebanyak 1 unit.(fia)