Tips Belanja Hemat

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan mudah, karena Anda bertanggung jawab untuk menjaga kelancaran kehidupan keluarga Anda, baik di dalam dan luar rumah. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi ibu rumah tangga adalah bagaimana menghemat pengeluaran, di tengah naiknya harga terus-menerus.
Padahal, pemasukan tidak mengalami kenaikan signifikan. Jangan stress. Banyak cara kreatif untuk menghemat belanja rumah tangga tanpa harus mengurangi kesejahteraan keluarga Anda. Ayo, simak cara-caranya:

1. Simpan makanan dalam wadah kedap udara

Tuanglah semua bahan makanan bubuk ke dalam wadah kedap udara untuk menghindari cepat rusaknya bahan makanan tersebut, seperti susu cokelat yang menggumpal bila terkena udara terlalu lama. Selain itu, Anda akan menghindari masuknya serangga seperti semut. Selain itu, menaruh bahan makanan ke dalam wadah akan membantu Anda menakar penggunaan Anda.

2. Beli bahan makanan tanpa merek

Ketika Anda membeli bahan makanan, seperti gula maupun sirop di supermarket, atau hipermarket, belilah yang menggunakan merek dari kedua tersebut. Kualitasnya tidak jauh beda dengan yang menggunakan merek terkenal, tetapi harganya jauh lebih hemat.

Lakukan hal serupa untuk bahan pembersih, seperti tissue dan cairan pembersih lantai.

3. Cek diskon dan promo di supermarket/hipermarket

Ketika Anda beli di supermarket, atau hipermarket, selalu periksa rak-rak bagian depan yang biasanya berisi barang-barang yang sedang ada diskon, atau promo.

Selain itu, usahakan untuk membeli dalam partai besar barang-barang yang pasti selau diperlukan rumah tangga Anda dan lama kadarluasa, khususnya jika ada promo beli satu dapat satu.

Jika Anda rajin berbelanja di supermarket, atau hipermarket tertentu, Anda bisa mempertimbangkan membuat kartu kredit yang memberi diskon, atau poin ketika Anda berberlanja di tempat tersebut.

4. Kurangi pengunaan pembersih kimia

Bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda, seperti cuka dan baking soda, bisa digunakan sebagai bahan pembersih. Anda bisa menambahkan cuka dengan air sebagai disinfektan untuk dapur dan, bahkan kamar mandi Anda. Campuran cuka dan air juga bisa digunakan sebagai pembersih jendela yang tidak akan meninggalkan bercak di kaca Anda.

Nah, begitulah cara-cara kreatif untuk menghemat belanja bulanan. Selain itu, jangan lupa bahwa belanja di pasar selalu lebih hemat di banding pergi ke supermarket, atau hipermarket. Bukan saja itu, Anda akan membantu penjual kecil dengan berbelanja di pasar.(viv/ary)