Motor Sport Produksi Indonesia

DISPLAY: All New Honda CBR150R di MPM Motor dengan varian warna Repsol yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta motor sport.

MALANG – PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki satu varian baru untuk pecinta motor sport di Indonesia. Produk terbaru tersebut bernama All New Honda CBR150R yang memiliki keunggulan pada harga yang hanya Rp 29,25 juta, jauh lebih murah ketimbang seri built up dengan bandrol Rp 45 jutaan.
Supervisor Promosi MPM Malang- Blitar, Johnsen menyampaikan, All New Honda CBR150R mulai dikenalkan pasca Lebaran lalu. Harganya jauh lebih murah, dan membuat pecinta motor sport memburunya. “Begitu kami kenalkan akan adanya seri terbaru dengan harga yang lebih rendah, customer intens menanyakan kehadiran All New Honda CBR150R,” ujarnya.
Menurut dia, harga kompetitif tersebut memiliki nilai tambah lagi yang semakin menggoda customer. Yakni produksi motor sport dilakukan di Indonesia. “Produk Indonesia membuat Honda bisa menekan cost dan harganya semakin bersaing. Tetapi kualitasnya tetap tidak perlu diragukan,” kata dia kepada Malang Post.
Menurutnya, kehadiran All New Honda CBR150R ini di Malang Raya juga masih terbatas. Hanya beberapa unit saja yang sudah tersalurkan pada user. Sementara, yang lain mesti bersabar lebih dulu dan harus menginden ketika tertarik dengan motor yang tersedia dengan empat varian warna, yakni repsol dengan warna dominan oranye, Merah-Putih-Biru, merah dan hitam. “Pilihan warnanya Honda Three Colors, Champion Red & Speedy Black dan New Repsol Edition. Di Malang display unitnya juga baru di bulan ini. Jadi harus inden dulu untuk memilikinya,” tambah Johnsen.
Dia menyampaikan, di MPM banyak customer yang harus menginden All New Honda CBR150R tersebut. Rata-rata menunggu antara 1-2 minggu. Semua varian warna, diminati oleh customer. “Peminatnya seimbang. Walaupun banyak yang kenal untuk varian warna Repsol,” sebut dia.
Johnson menyebutkan, untuk harga All New Honda CBR150R berwarna Repsol dibandrol Rp 29,85 juta. Sementara, tiga varian lain lebih murah, yakni Rp 29,25 juta. Harga itu merupakan on the road untuk wilayah Jawa Timur. (ley/udi)
 
Lebih Irit Ketimbang Produk Terdahulu
 All New Honda CBR150R tidak hanya menampilkan sosok motor sport yang tangguh, kuat dan agresif. Tetapi, keiritan penggunaan bahan bakar menjadi daya tarik tambahan, yang membuat motor sport ini pas dikenakan oleh customer dari berbagai segmen. “Untuk customer golongan apapun sekarang jadi lebih mudah memiliki motor sport dengan body yang besar. Entah kalangan menengah, atas maupun bawah,” ujar Koordinator Sales Honda Kartika Sari, Heru Nugroho.
Menurutnya, motor sport sebelumnya selalu identik dengan harga yang mahal. Dengan kehadiran All New CBR 150R ini mematahkan anggapan harga mahal, dan motor sport hanya milik kalangan menengah ke atas, sebagai bagian pemenuhan life style mereka.
Heru menyebutkan, berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan PT AHM, konsumsi bahan bakar CBR150R buatan Indonesia lebih irit ketimbang CBR150R sebelumnya yang diproduksi di Thailand. Bahkan, menurut catatan AHM, CBR150R pabrik Pegangsaan, Jakarta Utara ini lebih agresif.
Dari hasil uji, AHM mencatat, All New CBR150R berhasil menembus 35,2 km/l, jauh dari hasil yang dicapai CBR150R buatan Thailand yang mencapai 33,1 km/l. Semua itu hasil dari penyempurnaan yang telah dilakukan Honda pada mesin PGM-FI DOHC 150cc yang diusungnya. “Sistem suplai bahan bakar injeksi yang irit dan ramah lingkungan ini juga telah menggunakan standar emisi EURO 3,” tegas dia.
Varian terbaru motor sport tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga mencapai 12,6 kW/10.500 rpm dan torsi 13,0 Nm/7500 rpm. Motor seberat 143 kilogram ini mengusung mesin motor balap 4-stroke, 150cc, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled).
Dari sisi fitur, varian motor sport terbaru Honda ini didesain menggunakan rangka tipe truss atau trellis yang ringan namun berkekuatan tinggi. Rangka ini dirancang untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link yang mampu mengurangi getaran mesin secara optimal. Modelnya juga dilengkapi rem cakram ganda, panel meter digital dengan informasi yang lengkap speedometer, odometer, trip meter, fuel meter, jam dan suhu mesin, pijakan kaki berlapis aluminium serta pengaman kunci bermagnet.
Kemudian, untuk memberi kesan tangguh di sisi depan, pada motor berdimensi 1995 x 711 x 1117 disematkan lampu depan ganda. All New Honda CBR150R dipasarkan dengan empat pilihan warna, yakni Honda Three Colors, Champion Red & Speedy Black dan New Repsol Edition. (ley/udi)