Otomotif Kuasai 80 Persen Klaim ACE Jaya Proteksi

MALANG – Sektor otomotif menjadi sasaran empuk bisnis asuransi untuk menyalurkan produk mereka kepada customer. Hal itu ditunjang dengan pertumbuhan sales kendaraan bermotor yang kian meningkat. Seperti halnya yang dialami oleh ACE Jaya Proteksi yang cover asuransinya mencapai 80 persen untuk sektor otomotif.
“Bila dilihat dari total cover asuransi yang kami salurkan hingga akhir Agustus lalu, paling besar pada kendaraan bermotor. Begitu pula bila dilihat dari jumlah nasabah kami, asuransi untuk sektor otomotif mendominasi,” terang Branch Manger ACE Jaya Proteksi Malang, Margiyanto.
Dia menyampaikan, nasabah ACE untuk asuransi kendaraan bermotor secara prosentase mencapai 65 persen. Jauh meninggalkan peserta asuransi untuk properti dan kesehatan yang juga ditawarkan oleh ACE. “Untuk kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, menjadi penyumbang tertinggi peserta asuransi ACE,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Margi menyebutkan, salah satu bukti besarnya potensi pasar asuransi untuk otomotif bisa diketahui dari jumlah  klaim mobil rusak atau hilang peserta asuransi di ACE Malang. Bila selama 2013 lalu klaim di angka 1000, tahun ini sudah melebihi angka tersebut.
“Sudah ada pertumbuhan pengajuan klaim mencapai 20 persen. Itu pun baru catatan akhir Agustus lalu yang mencapai 1200 klaim,” papar dia panjang lebar.
Margi menerangkan, angka klaim yang meningkat ini juga memberikan bukti sangat bermanfaatnya asuransi untuk kendaraan bermotor. Bila dibandingkan dengan periode 2-3 tahun lalu, kesadaran masyarakat juga lebih tinggi. Menurutnya, untuk ACE memiliki beberapa jenis jaminan untuk kendaraan bermotor. Misalnya Total Loss Only (TLO), Total Loss Only Plus (TLO Plus), Comprehensive dan Comprehensive Plus.
Dia menerangkan, untuk program TLO, maka peserta akan mendapatkan jaminan untuk kejadian pencurian, perampasan, kebakaran atau kecelakan yang menyebabkan kerusakan di atas 75 persen. Sementara, untuk TLO Plus ada tambahan pada kejadian penipuan, hipnotis, kerusuhan dan tambahan untuk perlindungan kecelakan diri.
Menurutnya, untuk asuransi mobil sebagai contoh. Bila peserta asuransi ACE cukup membayar Rp 3 juta untuk masa jaminan selama setahun. Namun keuntungannya bila terjadi permasalahan, bisa mendapatkan angka klaim mencapai Rp 150 juta. Sedangkan periode mengasuransikan kendaraan antara 1-5 tahun. (ley)