Abon Jamur Tiram Tak Kalah Lezat

NIKMAT: Abon nikmat ini berbahan baku jamur tiram.

MALANG – Tanaman jamur tiram bisa diolah menjadi bahan makanan yang lezat. Salah satunya menjadi abon. Tidak kalah lezat dengan bahan daging, jamur tiram bahkan diproduksi dengan berbagai pilihan rasa seperti balado dan pedas manis yang menggugah selera.
Ailani Food di kawasan Tlogomas merupakan salah satu yang memproduksi jamur tiram menjadi makanan abon. Jamur tiram itu disediakan dalam berbagai varian rasa abon seperti original, jamur pedas, vegetarian original, vegetarian pedas.
Owner Ailani Food, Akhmad Nasution menyampaikan, jamur tiram tersebut dipastikan tidak kalah lezat dengan abon ayam dan abon sapi. “Kami menjamin rasanya istimewa, bahkan yang menikmatinya tidak akan menyangka bila bahan utamanya jamur tiram,” urainya.
Agar pembeli tidak bosan, selain rasa original, abon jamur tiram diberi berbagai macam pilihan rasa yang lain seperti barbeque (BBQ), keju, balado, dan jagung bakar. “Rasanya yang bervariasi membuat sensasi makan dengan abon semakin lezat,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, untuk abon jamur tiram pedas merupakan salah satu favorit. Pasalnya, customer merasakan kenikmatan ketika menyantapnya dengan nasi yang agak panas. “Rasanya pas untuk pendamping sarapan pagi dengan nasi yang hangat,” tambahnya.
Untuk customer yang termasuk vegetarian, Ailani Food yang beralamat di Jalan Andromeda tersebut juga menyiapkan Abon Vegan, baik original maupun pedas. Yang membuat berbeda, abon vegetarian ini tidak mengandung bawang.
Akhmad menuturkan, di samping lezat abon tersebut juga memiliki khasiat yang menyehatkan. Misalnya menurunkan kolesterol, anti oksidan pencegah kanker, anti tumor, dan cocok bagi pelaku diet. Hal ini ditunjang dari fungsi jamur tiram yang tergolong rendah kalori. “Selain itu, jamur tiram mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan cocok bagi vegetarian,” tuturnya.
Sementara itu, harga dari abon jamur tiram ini dibandrol dengan harga Rp 15 ribu per bungkus. (ley/fia)