Jelang Idul Adha, Harga Daging Tetap Stabil

MALANG – Kurang dari sepekan perayaan Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah, harga daging sapi maupun daging kambing di pasaran terpantau masih stabil di harga Rp 90 ribu. Hal ini seiring stabilnya harga daging yang didapatkan oleh pedagang dari rumah pembantaian, yakni tetap Rp 90 ribu per kilogram.
Ketua Seksi Jagal Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (HIPMI) Malang, H. Abu Hasan menyampaikan, harga jual daging masih belum mengalami perubahan di pasaran kendati konsumsi daging biasanya meningkat jelang Idul Adha.
“Jelang Idul Kurban tahun ini harga masih sangat stabil. Baik dari rumah pembantaian maupun di pasar,” ujarnya.
Dia menyebutkan, untuk harga daging sapi dari rumah pembantaian dipatok Rp 90 ribu per kilogram. Harga tersebut berisi dari campuran berbagai macam daging sapi. Mulai dari rawonan hingga kualitas super. “Setelah itu di pasar oleh pedagang dipilah-pilah sendiri. Rata-rata untuk daging sapi dipatok mulai Rp 95 ribu per kilogram,” beber dia kepada Malang Post.
Menurut Hasan, harga ini terhitung stabil sebab merupakan patokan yang diberikan oleh HIPMI dalam kurun waktu delapan bulan terakhir. Dia menambahkan, menjelang Idul Adha kenaikan terjadi pada harga jual sapi maupun kambing hidup.
Hasan menuturkan, untuk harga penjualan sapi hidup mengalami kenaikan antara Rp 1-2 juta per ekor. Harga tersebut berdasarkan pada penilaian harga sapi hidup, dimana dipatok Rp 43 ribu per kilogram.
“Harga dari peternak mengalami kenaikan antara Rp 3-6 ribu per kilogram. Tahun lalu masih dipatok Rp 37 ribu per kilogram,” tambah Hasan.
Dia menyampaikan, sekalipun berubah ketimbang periode kurban tahun lalu, untuk kestabilan lebih terjaga di tahun ini. Hal ini disebabkan pula oleh minat masyarakat yang cenderung menurun untuk mengonsumsi sapi beberapa waktu terakhir.
“Laporan dari teman-teman pedagang, penjualan juga terhitung sepi. Kalau mau menaikkan harga justru resiko tidak laku,” sebutnya.
Menurutnya, untuk pasokan sapi dan kambing hidup jelang Idul Kurban yang jatuh di akhir pekan ini juga masih memadai.
Terpisah, pedagang daging sapi di Pasar Besar Malang, H. Djazuli menyampaikan, tidak ada perubahan harga jual daging sapi. Saat ini, sebagian besar pedagang masih mematok harga daging sapi antara Rp 93 ribu sampai Rp 97 ribu per kilogram. “Harga masih sama, untuk daging dengan kualitas bagus maupun rawonan,” terangnya.
Sementara untuk daging kambing, harga di pasaran juga masih sama ketimbang hari normal dan dipatok Rp 100 ribu per kilogram. (ley/fia)