Bank Mega Lirik Bisnis e-Toll Pass

JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) saat ini menyiapkan teknologi canggih di gerbang tol. Lewat teknologi ini, transaksi di tol hanya memakan waktu di bawah satu detik. Saat ini, penyelenggaran e-Toll Pass di Jakarta masih dimonopoli oleh Bank Mandiri. Namun, bila pihak Jasamarga membuka peluang agar bank lain untuk dapat masuk ke bisnis tersebut, PT Bank Mega Tbk menyatakan siap untuk ikut ambil bagian.
"Kalau itu terbuka untuk umum (bank lain) tentu kita akan ikut," kata Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib ditemui di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (30/9/2014).
Ketertarikan Bank Mega terhadap proyek tersebut lantaran melihat peluang yang besar pada bisnis akses tol ini, sehingga diharapkan dapat berimbas positif pada kinerja keuangan perusahaan.
"Jalan tol adalah salah satu yang penggunaannya sangat besar," sambung dia.
Ia mengaku, Bank Mega juga memiliki pengalaman yang cukup dalam hal penyelenggaraan pembayaran tol elektronik ini. "Seperti di Makassar, kartu prepaid kita (Bank Mega) sudah masuk di tol. Malah kita yang pertama pakai prepaid jalan tol di Makassar," ungkapnya.
Ia berpendapat, dengan semakin banyaknya perbankan yang terlibat dalam penyelenggaraan e-Toll Pass ini diharapkan Indonesia dapat semakin sejajar dengan negara lain dalam hal penyediaan infrastruktur tranportasi yang canggih. "Di negara lain puluhan tahun sudah diterapkan. Kalau kita bisa banyak yang masuk, kita bisa sejajar dengan negara lain," pungkasnya.(dtc/fia)