Jelang Idul Adha, Harga Kambing Capai Rp 2.5 Juta per Ekor

NAIK: Kenaikan harga kambing dan sapi hidup menjelang Idul Adha rata-rata mencapai 25 persen.

MALANG – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1435 H, harga hewan kurban seperti daging sapi dan daging kambing mulai mengalami kenaikan yang signifikan di Malang Raya. Harga satu ekor sapi kini layak kurban kini sudah mencapai Rp 18 juta, sementara harga kambing mencapai Rp 3 juta per ekor.
Kepala Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang, Djoko Sudadi menuturkan, harga sapi dan kambing hidup sudah mulai mengalami kenaikan dua pekan terakhir. “Begitu pertengahan September, sudah mulai terasa kenaikannya,” ujarnya.
Menurut dia, kini harga sapi sebelum masuk ke RPH oleh peternak dipatok antara Rp 43 ribu sampai Rp 47 ribu per kilogram. Sementara, di pasaran taksiran harga ditentukan oleh pedagang sendiri. “Untuk harga normal sebelum mendekati Idul Adha masih dipatok Rp 40 ribu per kilogram,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, harga ini juga sudah jauh melonjak ketimbang tahun lalu. Pasalnya, pada periode Idul Adha tahun lalu, harganya dipatok Rp 37 ribu per kilogram. Bila dihitung, rata-rata kenaikan antara Rp 6 ribu sampai dengan Rp 10 ribu ketimbang tahun lalu.
“Tahun lalu, membeli sapi hidup untuk kurban masih bisa di kisaran Rp 15 jutaan. Sekarang, minimal Rp 17 jutaan,” tambahnya.
Perhitungan tersebut didapatkan dengan asumsi bobot sapi hidup minimal 400 kilogram. Bobot tersebut merupakan syarat sembelih dari RPH, yang mesti diikuti pula bagi yang ingin berkurban.
Dia menambahkan, di hari normal untuk tahun ini, RPH menerima permintaan 45 sembelihan setiap harinya. Sejak sepekan terakhir mulai menurun, walaupun tidak begitu besar, masih di atas 30 ekor sapi setiap harinya.
Sementara itu, berdasarkan pengakuan Djoko, untuk harga kambing hidup pun kini mengalami kenaikan. Berbeda dengan sapi yang hitungannya per kilo, kini harga kambing berada pada harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta untuk kambing layak korban.
Terpisah, Pedagang sapi dan kambing hidup (blantik), Rame di kawasan Gadang menyampaikan, bila harga satu ekor sapi kali ini di kisaran Rp 18 juta. Harga tersebut patokan rata-rata untuk yang layak sembelih. Sementara, untuk harga kambing hidup di kisaran Rp 2,5 juta.
Menurut Rame, harga yang kini dipatok mengalami kenaikan sekitar 25-30 persen ketimbang bulan sebelumnya. “Agustus lalu masih di kisaran Rp 14 juta sampai Rp 15 juta. Sudah biasa ketika jelang kurban pasti harganya naik, karena banyak permintaan,” sebut dia kepada Malang Post.
Untuk penjualan, menurut dia masih standar. Sekalipun kurang dari lima hari, penjualan masih normal ketimbang sepekan terakhir, dengan rata-rata menjual 2-3 ekor sapi per hari. Sedangkan untuk kambing antara 7-10 ekor per hari. (ley/fia)