Alihkan Subsidi, Harga Tiket KAI Bakal Naik

MALANG - Januari 2015 PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan menaikkan tarif untuk rute jarak jauh, lokal dan komuter. Namun hingga Oktober ini belum turun petunjuk pelaksanaan dan dan petunjuk teknik tentang kenaikan tarif tersebut.
Tahun lalu kenaikan tarif kereta api jarak jauh seperti Matarmaja mencapai 100 persen dari harga semula 65 ribu menjadi 135 ribu. Kepala Stasiun Kota Baru, Suyoto mengatakan belum tahu pasti berapa persen kenaikan yang akan ditetapkan.
“Penikmat subsidi kereta api jarak jauh adalah orang-orang dengan tingkat ekonomi mapan. karena mereka yang sering melakukan perjalan bisnis. Subsidi akan lebih tepat dialihkan ke kereta api lokal maupun komuter seperti rute Surabaya-Sidoarjo dan Surabaya-Porong,” ujar Suyoto.
Menurutnya, harga kereta api ekonomi jarak jauh masih terbilang murah dibandingkan dengan transportasi darat lain, yaitu bus. Tiket Matarmaja yang melayani rute Malang – Jakarta saat ini dijual dengan harga Rp 55 ribu, sedangkan tarif bis dengan tujuan sama, harganya lebih dari 100 ribu.
“Perbedaan signifikan tersebut membuat banyak penumpang degan tingkat ekonomi mapan memilih untuk naik Matarmaja karena alasan lebih ekonomis. Sehingga, tak jarang kalangan konsumen menengah ke bawah tak kebagian tiket,” tutur dia.
Terkait dengan wacana kenaikan tarif kereta api jarak jauh Suyoto mengatakan bahwa PT. KAI dan pemerintah tentunya sudah melakukan komunikasi yang baik tentang dampak untung dan ruginya. Sebagai pelaksana di lapangan ia hanya bertugas untuk melaksanakan peraturan yang telah dibuat.
Sementara itu, hari raya Idul Adha tidak membawa pengaruh signifikan terhadap kenaikan jumlah penumpang. Grafik peningkatan tipis terlihat pada rute pendek, jika rata-rata kereta api dengan 5 gerbong K3 berisi 106 penumpang, maka bertepatand engan Idul Adha kemarin, jumlah penumpang naik  menjadi 130 orang.
“Mungkin karena Idul Adha yang jatuh pada Hari Minggu sehingga jarang yang pulang kampung. Libur hanya sehari dan Senin harus bekerja kembali,” ujar Suyoto.(mg)