Pulau Karantina untuk Sapi Impor Penyakitan

Indonesia sampai saat ini masih membutuhkan pasokan impor sapi untk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri. Namun, sapi-sapi impor yang didatangkan tersebut tak jarang malah memiliki penyakit.

Untuk itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengusulkan agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian perlu membuat pulau karantina untuk sapi-sapi impor tersebut.

“Kami sudah mengusulkan agar menggunakan pulau karantina,” kata Bayu di kantor kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (3/10/14).
Pulau karantina tersebut, menurut Bayu, akan sangat berguna untuk mengetahui apakah memang sapi-sapi yang diimpor berpenyakit atau tidak. Oleh karena itu, salah satu syarat pulau yang dijadikan karantina harus benar-benar jauh dari akses masyarakat.

Namun saat ditanya syarat-syarat lain mengenai pulau karantina tersebut, Bayu mengaku tidak terlalu mengerti pasalnya dia mengatakan bawa dia bukan ahli masalah tersebut. Meskipun begitu, ada satu hal yang wajib dimiliki pulai tersebut yaitu tersedianya dermaga yang mampu menjadi pintu masuk bersadarnya kapal-kapal pengangkut sapi impor.

“Saya bukan ahlinya, tetapi harus tidak ada orang dan tentu harus ada pelabuhan,” kata dia. (kps/oci)