Light Truck Dominasi Penjualan Mitsubishi Fuso

CAR CARRIER: FJ 2523 bisa dimanfaatkan sebagai car carrier.

MALANG – Kehadiran FJ 2523 menjadi angin segar bagi Mitsubishi Fuso. Pasalnya kendaraan niaga ini memiliki banyak kelebihan. Di periode awal, PT Sun Star Motor Malang selaku authorized dealer menargetkan penjualan produk baru tersebut sebanyak 20 unit per bulan.
“Melihat potensi pasar Malang yang cukup besar, kami optimis target tesebut bisa terpenuhi apalagi, brand Mitsubishi sebagai kendaraan niaga sudah cukup buat di masyarakat,” jelas Sales Senior PT Sun Star Motor Malang, Eko Sugeng Riyadi.
Ia menjelaskan, pangsa pasar kendaraan niaga di Malang memang terus tumbuh. Hal ini seiring dengan meningkatnya kinerja perusahaan-perusahaan yang bergerak di jasa ekspedisi. Pria yang akrab disapa Adit itu menuturkan, selain bermunculan pelaku usaha baru, para pebisnis ekspedisi yang lama juga terus meningkatkan kapasitas kendaraan angkut dengan membeli unit-unit baru.
“Pengusaha terus melakukan penambahan unit. Ini menjadi indikator prospektifnya pasar kendaraan niaga di Malang,” urai pria asli Malang tersebut.
Adit menambahkan, Mitsubishi membagi tiga kategori kendaraan niaga, yaitu light truck, medium truck, dan heavy truck. Dari tiga kategori kendaraan tersebut, truk ringan memberikan kontribusi terbesar hingga 50 persen, dan medium truck di posisi 30 persen.
“Sisanya 20 persen adalah heavy truck. Light truck memang banyak permintaan, mungkin karena jumlah pengusaha kecil menengah di sini yang membutuhkan kendaraan angkut juga banyak,” jelas dia.
Adit menuturkan, kondisi ekonomi dan politik sedikit banyak berpengaruh pada permintaan kendaraan niaga, namun hal tersebut tak sampai menyusutkan penjualan sebab, Mitsubishi sendiri juga memberikan banyak benefit bagi konsumen.
“Seperti saat ini, kami sedang memberikan cash back untuk Fuso tipe tertentu,” ucap pria yang kini berdomisili di Pasuruan tersebut.
Cash back, lanjut Adit diberikan untuk produk FN 527. Promo yang dimulai di Oktober ini memberikan cash back sebesar Rp 35 juta plus promo cicilan 0 persen untuk semua tipe kendaraan niaga.
“Strategi ini juga bagian dari mempercepat peningkatan penjualan. Cukup efektif terutama bagi para pengusaha yang memang memperhitungkan untung rugi,” imbuh dia.
Sementara, untuk memperkenalkan produk baru seri FJ 2523, Adit mengatakan, saat ini PT Sun Star Motor malang tengah gencar melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan. Kendaraan yang dibandrol dengan harga Rp 655 juta tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan   akan kendaraan angkut yang tangguh.(fia)
 
Tarikan Enteng, Stabil dan Irit
DARI sejumlah truk besar, truk Mistubishi Fuso 220PS Turbo Intercooler, yang kerap  menjadi pilihan sejumlah perusahaan untuk dimiliki. Bukan lantaran bodinya yang garang, tapi truk dengan 10 roda di bawah dan satu roda serep ini  memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan truk-truk lainnya.
Kelebihan tersebut,  salah satunya dikatakan oleh Iwan Kurniawan, 37 tahun, warga Jombang. Pria yang berprofesi sebagai sopir di perusahaan Semen Gresik ini mengaku Mitsubishi Fuso memiliki tarikan yang enteng. Bahkan, saat kendaraan ini mengangkut beban berat sekalipun, sama sekali tidak mengurangi daya tarikannya.
“Pertama memang tarikannya, sangat enteng. Saya sudah mencoba beberapa truk lain, tapi untuk tarikannya Fuso ini yang paling ringan,’’ kata pria yang saat ini memegang truk Fuso nopol L 9056 US tersebut.
Selain tarikan, laju truk dengan bodi depan warna orange ini juga lebih kencang. Terutama untuk jalan-jalan lapang atau jalan datar, laju truk ini betul-betul tidak ada duanya. Kelebihan lainnya, menurut Iwan adalah kemudi yang tidak mudah goyang alias anteng.
Menurut Iwan, sekalipun sistem kemudi kendaraan ini sudah banyak diperbarui, namun faktanya Mitsubishi tetap memprioritaskan keamanan. Dan itu terbukti saat melaju dengan jarak yang jauh, kendaraan tetap berjalan dengan anteng.
“Memang belum tersedia untuk auto kemudi, tapi setidaknya dengan sifat kemudi yang tidak mudah goyang, kami para pengemudi pun tidak capek saat mengemudikan. Ini juga menjadi kelebihan truk Mistubishi Fuso ini,’’ tambahnya.
Dari semua kelebihan tersebut, Iwan mengaku yang paling membuat dirinya berkesan dengan truk model 6x2 ini adalah, irit. Iwan mengatakan, dibandingkan dengan truk besar lainnya, Mitsubishi Fuso sangat irit bahan bakar. Dengan begitu, para pengemudi  pun bisa irit pengeluaran, terutama untuk urusan bahan bakar.
Iwan juga mengatakan untuk Mistubishi Fuso 220PS menggunakan mesin diesel berkapasitas 7.545 cc dengan power mesin maksimal yang dapat diraih adalah 220 ps di 2.800 putaran mesin nya. Untuk torsi maksimum truk ini sendiri mampu meraih power hingga 65 ps di 1.200 kitiran mesin nya. “Kalau untuk mengangkut muatan, dengan jarak jauh sangat cocok. Selain irit, anteng, dan lajunya kencang,’’ tandasnya.(vik/fia)