Mitsubishi FJ 2523 Bidik Pasar Ekspedisi

PAJANG: Mitsubishi Fuso FJ 2523 menjadi andalan baru untuk pasar kendaraan niaga.

MALANG – Mitsubishi berupaya memperkuat dominasi pasar mobil niaga dengan memperbanyak varian kendaraan. Terbaru, pabrikan otomotif tersebut merilis keluarga terbaru di segmen mediun truck dengan kode produksi FJ 2523.
Sales Senior PT Sun Star Motor Malang, Eko Sugeng Riyadi menjelaskan, FJ 2523 baru diperkenalkan di Malang pada 25 September lalu. Kendaraan dengan panjang 12 meter ini ditujukan untuk kebutuhan distribusi consumer good, makanan dan minuman, car carrier, bahan konstruksi dan cargo ekspedisi.
“FJ 2523 ini adalah produk pertama setelah Mitsubishi diakuisisi Daimler pada 2002 lalu,” jelas pria yang akrab disapa Adit ini.
Adit melanjutkan, sebagai produk baru yang menyasar segmen konsumen niaga, FJ 2523 dilengkapi berbagai kelebihan. Di antaranya adalah mesin diesel injeksi 230 PS dengan turbo intercooler yang membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih optimal.
“Kendaraan ini mampu bekerja optimal dengan solar jenis apapun,” tegas dia.
Pompa bahan bakar menggunakan unitized injection pump yang terpasang di setiap silinder sehingga mampu bekerja secara individual dengan proses injeksi yang diatur secara elektronik.
Adit menegaskan, waktu dan tekanan bahan bakar selalu pada keadaan yang tepat dan mesin tetap dapat beroperasi walaupun salah satu pompa tidak berfungsi.
“Kebanyakan di pasaran, sistem yang dipakai adalah satu injeksi untuk enam silinder. Sehingga ketika rusak maka kendaraan tidak bisa beroperasi,” ungkap pria asal Malang yang menetap di Pasuruan ini.
Ia menambahkan, kelebihan lain yang dimiliki FJ 2523 adalah chassis yang tebal sehingga lebih kuat. Kendaraan ini mampu membawa beban dengan kapasitas 25 ribu kg. Kapasitas tersebut  membuat FJ 2523 mampu menjadi car carrier dengan kapasitas 7 mobil.
“Total panjang kendaraan 12 meter, sedangkan bak belakang  9.4 meter,” rinci pria jangkung tersebut saat ditemui Malang Post kemarin (7/10) siang.
Sebagai produk modern, FJ 2523 dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang memudahkan pemilik. Di bagian interior mobil, pabrikan menanamkan panel pintar dilengkapi dengan LCD yang memudahkan pengendara melihat informasi penting ketika berkendara seperti jarak tempuh, kecepatan rata-rata, dan konsumsi bahan bakar.
“Teknologinya bernama multi information display. Indikator bahan bakar ini juga memberitahukan kepada sopir jarak tempuh yang bisa dicapai dengan sisa solar yang ada,” imbuh dia.
FJ 2523 juga dilengkapi dengan variable green bar indicator yang berfungsi memberikan informasi kepada pengemudi agar penggunaan bahan bakar lebih efisien. Adit menambahkan, untuk perawatan lebih efisien, maka dianjurkan untuk penggantian oli mesin setiap 25 ribu km.
Di fitur keamanan, FJ 2523 dilengkapi dengan suspensi depan parabolic dengan stabilizer yang mampu meningkatan kenyamanan berkendara dan full air brake system, yaitu pengereman dengan menggunakan angin sehingga lebih mudah dalam perawatan.“Kendaraan ini dibandrol dengan harga Rp 655 juta,” pungkas dia.(fia)