Liburan Hemat di Jakarta Mulai Rp 1.6 Juta

MALANG – Gelaran Jakarta Tourism Expo (JTE) 2014 di Grand Hall Malang Town Square (Matos) telah berlangsung mulai Jumat (10/10) kemarin. Pameran yang menawarkan paket liburan dengan biaya lebih murah ke beberapa lokasi di DKI Jakarta tersebut menjadi daya tarik warga Kota Malang.
Kepala Promosi Dalam Negeri Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Heru Ardianto menyampaikan, kehadiran JTE untuk pertama kali ini untuk memudahkan masyarakat yang merencanakan liburan ke ibukota.
“JTE ini selalu menjadi daya tarik di tempat kami menggelar pameran. Begitu pula di Malang ini, sudah terlihat antusiasmenya,” ujarnya.
Heru menuturkan, sebagai tanda program untuk mempromosikan wisata di Jakarta tersebut yakni antusias yang ditunjukkan oleh travel agent dalam kegiatan table top di hari Kamis (9/10) lalu. Kemudian berlanjut dalam pameran, pengunjung mall mulai melakukan komunikasi stand peserta JTE.
“Pengunjung tampak tertarik dengan konsep promo dari JTE, mereka bertanya dan sudah terlihat banyak yang serius menyiapkan liburan dengan harga hemat ini,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, dalam pameran tersebut panitia JTE 2014 juga sangat kental mengusung hal yang berbau Jakarta. Seperti tarian khas, irama musik Betawi hingga adanya pembuat kerak telor asli dari Jakarta.
Heru menambahkan, dalam JTE 2014 yang berlangsung di Matos ini mematok transaksi sebesar Rp 1,2 miliar. Menurut dia, angka tersebut disebabkan penyelenggaraan pertama di Malang. Hal sama juga berlaku di kota lain yang baru pertama kali ketiban tempat penyelanggaraan JTE. Akan tetapi, bila melihat antusias sewaktu table top dan di hari pertama pameran, target tersebut diyakini Heru dapat terlampaui.
“Ketika melihat minat dari masyarakat, sepertinya bisa di atas Rp 1,2 miliar. Sebab, pengunjung sangat tertarik dengan penawaran liburan dengan harga mulai Rp 1,6 jutaan. Sudah dapat akomodasi, kamar hotel dan masuk ke wahana wisata,” papar dia panjang lebar.
Dia mencontohkan, untuk Paket Cermat yang merupakan paket liburan selama tiga hari dua malam, harga Rp 1,62 juta sudah mendapatkan tiket pesawat Sriwijaya Air Malang-Jakarta dan sebaliknya. Pilihan menginap di Everydaysmart, Tune Pasar Baru, Clay, hingga Fave Hotel Glodok. Selain itu, sudah bisa masuk wahana Kidzania. Harga murah ini berlaku untuk pemesanan selama pameran yang berakhir Minggu (12/10) besok, dengan ketentuan tanggal penerbangan antara 11 Oktober sampai dengan 12 Oktober 2014.
Sementara itu, Paket khusus untuk hotel juga disiapkan dengan sangat murah dalam JTE 2014. Misalnya Free and Easy, untuk masa menginap dua hari satu malam. Fasilitas yang didapat berupa penjemputan ke bandara, sarapan pagi, dan pengantaran kembali ke bandara setelah check out. Harga ditawarkan mulai dari Rp 360 ribu untuk paket A, hingga Rp 510 ribu untuk paket D. “Paket ditentukan berdasarkan hotel yang dipilih oleh peserta,” tegas dia.
Paket lain seperti Fun Tour dengan menginap tiga hari dua malam, dan mendapatkan fasilitas antar-jemput menuju Taman Impian Jaya Ancol, shopping ke pusat perbelanjaan Tanah Abang A-B, Thamrin City dan Pasaraya. Selain paket jemput-antar ke bandara. Harga yang dipatok mulai dari Rp 715 ribu hingga Rp 1,015 juta. Bila memilih paket empat hari dua malam, harganya mulai dari Rp 1 juta, dengan fasilitas full waktu untuk berbelanja di hari ketiga. (ley/fia)