Maskapai Banting Harga, Pengunjung JTE Makin Tergoda

ENJOY JAKARTA: Warga Malang tak menyia-nyiakan ajang perdana yang digelar Disparbud DKI Jakarta di Malang melalui gelaran JTE 2014.

MALANG - Gelaran Jakarta Tourism Expo (JTE) 2014 di Grand Hall Malang Town Square (Matos) telah berakhir tadi malam. Pameran yang menawarkan paket liburan dengan biaya lebih murah ke beberapa lokasi di DKI Jakarta tersebut menjadi daya tarik warga Kota Malang dan menjadi buruan di dua hari terakhir.
Kepala Promosi Dalam Negeri Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Heru Ardianto menyampaikan, kehadiran JTE untuk pertama kali ini untuk memudahkan masyarakat yang merencanakan liburan ke ibukota dan jadi buruan di hari terakhir.
“JTE ini selalu menjadi daya tarik di tempat kami menggelar pameran. Begitu pula di Malang ini, sangat terlihat antusiasmenya,” ujarnya.
Hal ini terlihat Sabtu-Minggu, yang mana pengunjung mall semakin memadati area ekspo. Sesuai dengan prediksi, di hari pertama masih perkenalan dan berlanjut keseriusan di dua hari terakhir.
"Biasalah, pengunjung pasti baru tergoda ketika penawaran harga dirasa menggiurkan. Belum lagi maskapai yang turut banting harga tiket," papar dia kepada Malang Post.
Menurutnya, pengunjung tampak tergiur dengan konsep promo dari JTE. Apalagi, Sriwijaya dan Citilink juga punya promo khusus. Baik untuk mendukung JTE 2014 maupun promo reguler.
Heru menambahkan, dalam JTE 2014 yang berlangsung di Matos ini mematok transaksi sebesar Rp 1,2 miliar. Menurut dia, angka tersebut disebabkan paket yang ditawarkan menggugah untuk segera berwisata ke Jakarta.
ia mencontohkan, untuk Paket Cermat yang merupakan paket liburan selama tiga hari dua malam, harga Rp 1,62 juta sudah mendapatkan tiket pesawat Sriwijaya Air Malang-Jakarta dan sebaliknya. Pilihan menginap di Everydaysmart, Tune Pasar Baru, Clay, hingga Fave Hotel Glodok. Selain itu, sudah bisa masuk wahana Kidzania.
Paket lain seperti Fun Tour dengan menginap tiga hari dua malam, dan mendapatkan fasilitas antar-jemput menuju Taman Impian Jaya Ancol, shopping ke pusat perbelanjaan Tanah Abang A-B, Thamrin City dan Pasaraya. Selain paket jemput-antar ke bandara. Harga yang dipatok mulai dari Rp 715 ribu hingga Rp 1,015 juta.
JTE 2014 juga membuat Sriwijaya Air sempat melakukan crazy sale. Tiket dibabat habis harganya, mencapai 50 persen. Hasilnya, pengunjung pun berebut mendapatkan program yang berlangsung dalam tempo satu jam sajs.
Sementara itu, Kepala Disparbud DKI Jakarta Arie Budiman menegaskan JTE merupakan salah satu strategi promosi daerah tersebut dalam memajukan dunia pariwisata yang melibatkan para stakeholder industri pariwisata dari Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia.
"Selain memberikan efek positif bagi bisnis jangka panjang industri pariwisata Jakarta, JTE diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah DKI Jakarta dari sektor pariwisata," ujarnya. (ley/oci)