Wisata Alam Gairahkan Biro Perjalanan

MALANG – Biro perjalanan wisata memaksimalkan potensi lokasi wisata alam sebagai destinasi wisata yang menarik untuk ditawarkan kepada customer. Tempat wisata alami itu seperti Karimun Jawa, Kawah Ijen hingga Raja Ampat, yang kini tengah menjadi favorit traveler untuk menghabiskan waktu berliburnya.
General Manager Transindo Traveler’s System, Andriyanti menyampaikan, tempat wisata alami memang tengah bersinar.
“Ekspose dari biro perjalanan wisata hingga promosi dari mulut ke mulut membuat customer lebih banyak mengeksplore wisata alam,” ujarnya.
Menurut dia, di Transindo paling utama menerima perjalan wisata dari traveler seperti ke Karimun Jawa dan Kawah Ijen. Sementara, untuk area yang tergolong dekat dari Malang, Bromo masih sangat memiliki pamor. “Khususnya untuk traveler Malang, pasti sudah bosan dengan Bromo. Mereka pasti memilih Kawah Ijen hingga Raja Ampat, untuk mengeksploer keindahan alamnya,” beber dia kepada Malang Post.
Perempuan yang akrab disapa Andri ini menambahkan, paket ke Kawah Ijen misalnya bisa dipesan traveler meskipun ingin melakukan pemesanan tanpa partner. Pihak travel akan memberikan suggest bagi traveler lain untuk keberangkatan secara bersama-sama. “Kami mengikuti keinginan traveler saja. Tetapi bila berangkat dengan partner lebih banyak, ya lebih murah,” tegas dia.
Menurut dia, untuk saat ini prosentase perjalanan wisata dengan tujuan alam mulai merangkak naik. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, permintaan meningkat lebih dari dua kali lipat.
Akan tetapi, untuk wisata modern juga masih tetap menarik. Misalkan untuk wilayah terdekat seperti WBL dan Taman Safari. Di samping itu, Bali yang memadukan wisata alam dan tradisional masih sangat memiliki pamor.
Terpisah, Owner Ourtrip 1st Tour, Martha menyampaikan, pamor wisata alam memang tengah menanjak sepanjang tahun ini. Selain tempat itu, masih ada lagi Pulau Menjangan. Menurutnya, tempat wisata yang terkenal dengan keindahan untuk snorkeling tersebut beradu dengan Bromo.
“Di tempat ini dua lokasi itu yang menjadi favorit tujuan wisatawan. Tidak hanya mereka yang berasal dari Malang tetapi juga wisatawan mancanegara. Secara keseluruhan, permintaan wisata hingga periode Oktober ini, meningkat 100 persen ketimbang tahun lalu. Secara keseluruhan, permintaan wisata hingga periode Oktober ini, meningkat 100 persen ketimbang tahun lalu,” sebut dia. (ley/oci)