Anak Peserta BPJS Bisa Dapat Beasiswa Rp 18 Juta/Tahun

Jakarta - Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelontorkan dana Rp 1 miliar dalam bentuk beasiswa kepada 60 mahasiswa Universitas Indonesia (UI).

Sebanyak 60 mahasiswa ini merupakan putra-putri peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masuk dalam program manfaat tambahan yang diberi nama education benefit.

"Education benefit merupakan program beasiswa yang merupakan upaya untuk meningkatkan dan pengembangan manfaat bagi anak peserta BPJS Ketenagakerjaan berprestasi," ujar Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan Jefry Haryadi saat ditemui di Kampus UI, Depok, Selasa (14/10/14).

Setiap mahasiswa akan mendapat Rp 18 Juta per tahun yang dibayarkan setiap 6 bulan sekali. "Syaratnya adalah orang tuanya harus jadi peserta BPJS, kemudian dia berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu," sebut dia.

Ia menerangkan, sebagai produk manfaat tambahan, education benefit ini tidak mengurangi manfaat pokok yang diterima peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ini karena alokasi dana untuk program ini dialokasikan khusus dari sebagian keuntungan yang diperoleh BPJS Ketenagakerjaan setiap tahunnya.

"Jadi tidak diambil dari dana peserta melainkan didapat dari keuntungan kita dari hasil pengembangan investasi. Jadi manfaat utama yang diterima peserta tidak berkurang justru bertambah," pungkasnya.

Dari catatannya, ia menyebut bahwa dalam tiga tahun ini, BPJS Ketenagakerjaan telah menyalurkan Rp 420 miliar beasiswa kepada 250 ribu siswa dan mahasiswa se-Indonesia.

"Sedangkan untuk Januari sampai September 2014, catatan kami sudah disalurkan beasiswa Rp 88 miliar kepada 48 ribu siswa," tutup dia. (dtc/oci)