Rupiah Menguat, Harga Elektronik Turun

TURUN: Penguatan Rupiah membuat sejumlah produk elektronik mengalami penurunan harga.

MALANG - Menguatnya Rupiah ke Rp 12.100 berdampak pada penurunan harga barang elektronik. Salah satunya yang sudah dilakukan oleh Plaza Elektronik. Penurunan harga barang berlaku untuk semua produk dan merk.
“Bagaimanapun  kan patokannya dari dolar. Jadi kalau ada Rupiah melemah otomatis harga naik. kalau Rupiah menguat pasti harga ikut turun,” ucap Store Manager Plaza Elektronik, Pao Sugianto.
Menurut Pao salah satu cara untuk menyiasati hal itu adalah dengan membatasi penjualan untuk menutup omset.
“Kalau langsung kita naikkan terlalu tinggi otomatis konsumen agar berpikir lagi untuk membeli barang elektronik. Tapi jika kita bertahan dengan harga yang lama otomatis daya beli masyarakat masih ada.” lanjutnya.
Selain itu ada satu lagi cara yang biasa ia gunakan yaitu dengan menyetok barang baik saat harga naik maupun turun. Hal itu dilakukan agar saat Rupiah melemah maka ia dapat menjual barang elektronik dengan harga normal tanpa peningkatan. Namun jika Rupiah menguat dan harga elektronik turun tetap menjual dengan harga normal. Itu tidak membuatnya rugi karena barang di gudang masih bisa menutupi omzetnya.
“Daya beli masyarakat Malang terhadap barang-barang elektronik sangat bagus. Kenginan untuk memperbarui dan mencoba teknologi baru menjadi alasan utamanya” ungkap Pao.
Menurutnnya kebutuhan akan barang elektronik saat ini sudah seperti kebutuhan pokok yang sebisa mungkin harus dipenuhi. Agar tetap bisa bersaing dengan toko elektronik lain, Plaza Elektronik memberikan diskon antara 10 persen hingga 15 persen setiap hari Jumat dan Sabtu.
Ia berharap dengan pemerintahan yang baru ekonomi dapat berjalan dengan baik sehingga pelaku bisnis ikut terkatrol.
“Dampak terbesar dari naik turunnya Rupiah adalah untuk masyarakat menengah ke bawah. Mereka harus berpikir untuk cari makan saja susah bagaimana mau membeli barang elektronik. Apalagi saat musim pendaftaran sekolah. Kalau masyarakat perekonomiannya bagus. otomatis daya beli mereka meningkat dan kita sebagai pelaku bisnis juga bisa merasakan dampaknya.” pungkasnya. (mg5/fia)