Kartu Kredit Dominasi Pengaduan Nasabah

MALANG - Kasus penipuan melalui penggunaan kartu kredit semakin beragam. Untuk itulah diperlukan cara untuk mengurangi resiko kerugian melalui keadaan tersebut, salah satunya dengan mewajibkan penggunaan personal identification number (PIN) pada kartu kredit.
Direktur Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Siti Hidayati menuturkan, masyarakat di Indonesia perlu menggunakan PIN terhadap kartu kreditnya. "Kami minta masyarakat bisa menerapkan PIN tersebut sesuai aturan pemerintah yakni per 1 Januari tahun 2015," kata Siti, ditemui pada Pelatihan Wartawan Ekonomi se-Wilayah Kerja KPBI Wilayah IV Jawa Timur di Bromo Cottage Pasuruan, Sabtu (18/10) lalu.
Menurut dia, saat ini yang telah menggunakan PIN kartu kredit di berbagai negara antara lain Inggris dan Singapura. Sementara, di Indonesia akan dimulai pada tahun depan atau bertepatan dengan diberlakukannya kerja sama perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. "Kami yakin penerapan PIN terhadap kartu kredit bisa mengantisipasi maraknya kasus penipuan melalui kartu kredit," terangnya.
Siti mencontohkan, peristiwa kejahatan sering terjadi ketika kartu kredit yang dimiliki hilang. Dengan adanya PIN kartu kredit maka ketika kartu kredit nasabah hilang, tidak perlu khawatir.
"Saat ada yang menemukan kartu kredit itu, si penemu tidak mungkin bisa menggunakan kartu itu dan memakainya untuk melakukan tindak kejahatan seperti menggunakan untuk berbelanja, sehingga merugikan sang pemilik kartu kredit," ungkapnya.
Dia menyebutkan, selama ini kartu kredit menempati posisi terbesar dari total pengaduan nasabah ke BI. Lalu, jenis pengaduan lainnya, misalnya, penagihan tidak sesuai karena penggunaan kartu kredit oleh pihak lain karena hilang atau dicuri.
Melalui kebijakan itu, kini kalangan perbankan sudah harus siap menerapkan penggunaan PIN enam digit untuk semua transaksi kartu kredit menggantikan penggunaan PIN dengan tanda tangan dan PIN empat digit yang sebelumnya diberlakukan
Dia optimis, penerapan PIN enam digit untuk transaksi kartu kredit akan lebih aman dari unsur pembobolan. Pada masa mendatang, sistem keamanan berbasis PIN enam digit juga digabungkan dalam 3 Dimensi Security yaitu dengan tambahan verifikasi via ponsel. (ley/fia)