Nail Art Doraemon dan Minion Jadi Idola Remaja

TUNGGU: Seorang mahasiswi sedang menunggu petugas nail art mempercantik kukunya.

MALANG – Nail art adalah salah satu cara untuk mempercantik kuku menggunakan cat kuku atau nail polish. Perpaduan warna dan berbagai polesan menggunakan kuas kuku akan menghasilkan seni dengan kuku sebagai kanvasnya.
Selain mempercantik kuku, menurut penggemar nail art, Dona Rosalina Sari, menghias kuku akan menambah kepercayaan diri perempuan.
“Saya rutin merawat dan menghias kuku. Baik itu menggunakan kuteks atau henna. Selain untuk mempercantik tampilan kuku itu juga membuat saya semakin percaya diri dan terlihat tetap cantik,” ungkapnya.
Hampir dua minggu sekali ia datang ke Nail Art Extension yang berada di Matos untuk mempercantik kukunya. Biasanya ia datang bersama teman kampus. Harganya yang relatif murah membuat banyak kalangan gemar menghias kukunya.
Di Nail Art Extension harga dihitung per kuku. Mulai dari Rp 3000 hingga Rp 10 ribu tergantung kerumitan gambar.
“Semakin sulit desain atau gambarnya maka akan semakin mahal. Harganya mulai dari Rp 3000 hingga Rp 10 ribu. Kalau remaja dan mahasiswa mereka lebih suka gambar-gambar lucu seperti Minion dan Doraemon,” ujar Kepala Toko Nail Art Extension, Anita Desi.
Ia menjelaskan tahapan dalam nail art seperti membersihkan kuku dengan nail remover sebelum dipoles untuk melindungi permukaan kuku agar tidak rapuh.
“Setelah dibersihkan menggunakan nail remover maka kuku dipoles sesuai dengan gambar yang diinginkan. Biasanya memakai kutek dengan warna polos terlebih dahulu sebagai dasar pewarnaan seperti pink, red, dan dark red,” lanjutnya.
Menurutnya, proses nail art tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari karena proses pengerjaanya tidak memakan waktu lama.
“Kalau yang ingin instan dan cepat itu bisa menggunakan sticker kuku dan nail polish sehingga cepat kering. Waktu yang dibutuhkan paling lama 20 menit untuk menunggu semua gambar kering,” ungkap Anita.
Ada berbagai macam peratan dan bahan yang dibutuhkan dalam nail art seperti
kuteks, stiker kuku, swarovski, lem khusus kuku, kuku palsu, hingga cat kuku khusus yang sudah berbentuk seperti drawing pen.
“Pada tahap terakhir jangan lupa menyiapkan top coat untuk mendapatkan hasil lebih awet. Agar nail art bertahan lama kita harus mengoleskan top coat setiap 3 hari sekali,” ungkapnya.
Mengerik kuku untuk melepaskan kutek, menurut Anita, akan membuat kuku terlihat kasar dan jelek.
“Hindari menghapus kuteks dengan cara dikerik. Biasanya dalam waktu dua minggu kutek akan mengelupas sendiri. Kalaupun terpaksa untuk menghapus kutek maka sebaiiknya menggunakan remover kutek,” pungkasnya. (mg5/fia)