Jelang Tahun Baru, Guest House Pasang Tarif Tinggi

LIHAT FASILITAS: Tamu melihat fasilitas yang ditawarkan salah satu guest house di Malang.

MALANG – Menjelang perayaan tahun baru 2015 tarif guest house di Malang tahun akan naik hingga 20 persen. Kenaikan terjadi karena banyaknya orang yang membutuhkan tempat sementara untuk menghabiskan malam tahun baru.
Pemesanan guest house untuk merayakan tahun baru harus dipesan jauh hari sebelum semua kamar terisi. Menurut Supervisor Hasanah Guest House, Firman Ferdiasyah, kenaikan tarif disebabkan adanya tambahan berbagai hiburan.
”Nanti akan ada berbagai hiburan untuk customer agar perayaan tahun baru semakin berkesan. Saat tahun baru biasanya banyak customer yang memilih menghabiskan malamnya diluar rumah,” ucap Firman.
Saat ini harga guest house yang berada di Jl. Soekarno Hatta Dalam itu antara Rp 200 ribu hingga Rp 400 ribu. Guest house tersebut terbagi menjadi beberapa tipe yaitu standart, superior, deluxe dan suite.
Kebijakan kenaikan harga menjelang tahun baru juga diterapkan oleh Bandoeng Guest House. Customer Service Bandoeng Guest House, Fransiska Putri mengatakan kenaikan pasti akan terjadi namun pihaknya belum bisa memperkirakan prosentasenya. Hal itu karena kenaikan harga kebutuhan yang terjadi saat ini berbeda dengan tahun lalu.
”Naik pasti. Kalau prosentasenya kami belum tahu karena tidak bisa disamakan dengan tahun lalu,” ujar Siska.
Sama seperti Hasanah Guest House, Bandoeng Guest House juga memiliki empat tipe kamar. Namun terdapat perbedaan pada harga yang ditawarkan. Harga yang ada di Bandoeng Guest House mulai dari Rp 325 ribu hingga Rp 625 ribu.
Tahun lalu, menurut Siska, semua kamar telah terisi menjelang dua minggu sebelum tahun baru. Itu sebabnya setiap customer yang ingin menghabiskan tahun baru harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.
”Setiap tahun baru tentunya ada nuansa berbeda yang kami berikan. Untuk itu customer harus memesan jauh hari agar bisa menikmati malam tahun barunya di sini,” pungkasnya. (mg5/fia)