Nikmati Omzet Rp 300 Juta per Bulan dari Tempelan

DETIL: Stiker tulisan cocok diaplikasikan pada motor sport.

MALANG – Peminat aksesoris motor dan mobil seperti stiker semakin banyak. Hal itu membuat usaha yang dijalani oleh Muhammad Munir Santoso semakin berkembang hingga mampu menghasilkan omset Rp 300 juta per bulan.
15 tahun ia menekuni usaha penjualan stiker. Toko Acc Stiker Indonesia miliknya telah ada di beberapa kota seperti Banyuwangi, Sumbersari dan Malang. Salah satu cabang miliknya berada di Jl. Terusan Borobudur.
“Selama 15 tahun ini saya mencoba mengembangkan bisnis ke beberapa kota salah satunya Banyuwangi. Untuk wilayah Malang kami ada di Jl. Terusan Borobudur ,” ucap Munir.
Dibantu seluruh anggota keluarga ia mampu mengelola bisnis tersebut mulai dari pembuatan desain stiker, penjualan hingga pemasangan. Untuk desain dan percetakan stiker dikerjakan di rumahnya yang  berada di daerah Ciliwung.
Munir mengatakan, hingga kini ia telah menghasilkan sekitar 3000 desain. Berbagai desain dan ukuran stiker itu bisa dipasang pada helm hingga mobil. Selain itu, ia juga menerima pemasangan stiker pada kaca-kaca gedung.
“Selain stiker untuk motor dan mobil di sini juga menyediakan stiker untuk kaca gedung. Harga untuk kaca gedung mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 22 juta,” lanjutnya.
Ia memberikan rincinan harga stiker dan pemasangannya. Untuk pemasangan sepeda motor ia bandrol dengan harga mulai Rp 10 ribu hingga Rp 1 juta. sedangkan untuk mobil Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta.
“Saat ini yang paling disukai pembeli adalah stiker Hello Kitty yang dipasang di kaca bagian belakang mobil. Untuk ukuran dan desain itu harganya Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu tergantung banyaknya area yang ingin diberi hiasan,” ungkapnya pada Malang Post.
Toko yang berada di samping jalan raya itu ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan ruko yang berjejer didepannya. Namun meskipun ukuran ruko yang kecil dan halaman yang sempit pas bahu jalan tidak membuat pelanggan berkurang.
“Meskipun ukuran ruko kami kecil dan lokasi untuk pemasangan juga mepet jalan tapi pelanggan tetap betah karena yang kami tekankan adalah kenyaman dan kepuasan pelanggan,” tutur Munir.
Ia mengatakan, pemilihan stiker harus disesuaikan dengan karakteristik kendaraan yang dimiliki. Jika itu motor atau mobil sport maka stiker model api atau tulisan lebih cocok. Stiker seperti Hello Kitty untuk mobil mini seperti Jazz dan Yaris yang dikendarai oleh wanita.
“Kalau mobil sport seperti Pajero ya kurang cocok kalau ditempel stiker Hello Kitty. Semua harus disesuaikan baik warna dan desainnya,” ujarnya.
Pemasangan stiker, lanjut Munir, akan tahan terhadap panas dan hujan hingga 15 tahun tergantung bahan yang digunakan. Munir memberikan beberapa ciri stiker yang aman dan tahan lama seperti lem yang tidak berbau. Selain itu warna yang tersedia lebih cerah.
“Stiker berkualitas tinggi perekatnya tidak akan merusak cat mobil. Lemnya juga tidak berbau.
Warnanya juga lebih cerah dan kuat sehingga bisa tahan lama,” pungkasnya. (mg5/fia)