Permintaan Korden Naik Jelang Natal

MALANG – Menjelang perayaan Hari Raya Natal beberapa orang memilih korden untuk menghias rumah. Harga bahan korden mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 225 ribu per meter bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget.
Menurut Pemilik Antonio Korden, Antonio Marcellinus, customer lebih menyukai warna hijau dan merah karena identik dengan warna-warna Natal. Namun untuk gaya minimalis tanpa banyak aksesoris masih menjadi pilihan.
“Warna minimalis sendiri biasanya warna soft seperti abu-abu dan ungu. Namun karena ini untuk Natal maka warna cerah seperti merah dan hijau menjadi pilihan,” ucapnya.
Untuk harga, Anton mengatakan tergantung dari model, bahan serta ukuran yang diinginkan oleh customer. Harga bahan korden yang ada mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 225 ribu per meter.
“Dalam satu buah korden yang sudah jadi, harganya tergantung model dan ukuran. Terutama bahan. Untuk korden yang sudah jadi antara Rp 300 ribu hingga Rp 5 juta,” lanjut Anton.
Dari harga tersebut ia mampu menghasilkan omzet hingga Rp 40 juta setiap bulan. Anton mengatakan, seluruh korden yang ia buat hanya berdasarkan pesanan. Ruko yang terletak di Jl. M. Panjaitan itu semakin ramai menjelang Natal seperti saat ini.
“Pemesanan menjelang Natal saat ini semakin meningkat. Customer banyak yang menginginkan model minimalis karena terlihat rapi dan simpel,” lanjutnya.
Anton menjelaskan, korden minimalis biasanya terbuat dari kain polos. Motif dengan ukuran kecil juga bisa diterapkan namun gaya korden minimalis, menurutnya, lebih mengutamakan tekstur dan rel korden yang sengaja diekspos.
Senada dengan Anton, Owner Mahkota Gordyn, Sulistiani, juga menjelaskan bahwa korden minimalis banyak dipilih customer untuk merayakan Natal. Menurutnya, perbedaan korden minimalis dengan korden pada umumnya juga terlihat dari poni.
“Korden minimalis diletakkan pada bagian belakang sehingga yang terlihat saat dibuka adalah bagian tengahnya saja. Kalaupun diletakkan di bagian depan maka tidak begitu banyak aksesoris atau pernak-perniknya,” tuturnya pada Malang Post.
Di Mahkota Gordy, customer bisa langsung mendapatkan korden yang mereka inginkan tanpa harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Namun tak menutup kemungkinan jika customer menginginkan korden yang sesuai dengan keinginannya.
“Kalau mau pesan sesuai keinginan juga bisa. Namun harganya berbeda dan tentunya lebih mahal. Untuk gorden yang ada saat ini harganya Rp 1 juta hingga Rp 8 juta,” terang Sulistiani.
Menurutnya, penggunaan korden pada saat Natal merupakan sesuatu yang penting karena bisa menjadikan rumah lebih indah. Membeli atau memesan korden, Sulistiani mengatakan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. (mg5/fia)