Hati-Hati Memadukan Jilbab

Wanita muda berjilbab Indonesia sering melakukan variasi penampilan dengan busana bertumpuk, misalnya menggunakan celana pensil dan rok pendek. Padu padan rok mini dan celana ini kemudian marak diterapkan oleh para selebriti Instagram (selebgram) serta beberapa desainer muda seperti ikon hijabers Indonesia, Dian Pelangi.
Meskipun kini tren busana muslim sudah semakin simpel dan tak bertumpuk, setelan tersebut masih terlihat di kalangan anak muda. Monika Jufry yang dikenal sebagai perancang busana muslim, mengatakan bahwa wanita muda masih senang mengeksplorasi gaya masing-masing. Ini menjadi proses belajar sebelum akhirnya bisa berbusana syar'i tanpa harus terlihat berlebihan.
Monika menuturkan agar mengambil sisi positifnya saja, mungkin wanita yang memadukan rok mini dan celana berusaha menutupi pinggul atau menyamarkan bagian intim daripada ia hanya menggunakan celana panjang ketat yang menonjolkan lekuk tubuh. Aktris muda yang kini terjun menjadi perancang busana, Risty Tagor, juga ikut berkomentar mengenai padu padan rok pendek dan celana.
Pemilik label 'Ristyland' itu tidak menyarankan setelan tersebut. Menurutnya masih banyak hijabers yang akhirnya memadukan rok pendek hanya dengan legging bukan celana berpotongan lebar. Kalau hanya menggunakan legging tentu akan membentuk tubuh sehingga tidak sesuai kaidah agama.
"Kalau rok mini kan jatuhnya pakai legging dan membentuk tubuh. Sebaiknya kalau kita sudah siap berjilbab harus tahu kalau kita ini identitas muslim di dunia, di mana pun kita berada akan menunjukkan 'oh muslim kayak begini ya'. Gimana caranya kita bisa mencerminkan sebagai muslim yang baik," tutur Risty di Senayan City, Jakarta Pusat.
Risty menambahkan, kalau memang tujuannya agar bagian bokong lebih tertutup bisa mencari gaya yang lain tak harus menggunakan rok mini. Sebagai contoh, hijabers yang masih ingin menggunakan celana lurus atau jeans bisa menggunakan atasan seperti tunik atau luaran berukuran besar. Padanan yang sederhana bisa membuat seorang muslimah terlihat lebih anggun dan bersahaja daripada harus menumpuk.
Risty pun mengaku tidak pernah mengaplikasikan rok pendek dan celana karena ia sedang belajar tampil lebih syar'i. Dalam kesehariannya, ibu satu anak itu kini lebih senang menggunakan rok panjang atau busana maksi untuk meminimalkan penggunaan celana.(wal/ary)