Jiwasraya dan SiMOLEK Bidik Warga Kampus

MALANG – Sejak awal tahun 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pengetahuan Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Untuk itulah, OJK bekerjasama dengan lembaga terkait dalam proses sosialisasinya. Seperti di pekan ini BUMN insurance Jiwasraya yang mendapat jatah sosialisasi dengan membawa serta Si Mobil LitErasi Keuangan (SiMOLEK) dari OJK.
Branch Manager PT Asuransi Jiwasraya Branch Office Malang, Wahyu Herdyanto menuturkan, Jiwasraya pun menjadi bagian dalam upaya pengenalan kepada masyarakat dari berbagai lapisan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum. 
“OJK mengajak masyarakat untuk melek keuangan. Termasuk menggugah masyarakat untuk paham mengenai perusahaan asuransi, dan berujung pada kemauan masyarakat untuk mengelola keuangan dengan berasuransi,” tuturnya.
Wahyu menyampaikan, Jiwasraya baru mendapatkan kesempatan di pekan ini. Pasalnya, antrian untuk menggunakan SiMOLEK cukup banyak, karena LJK lainnya pun turut melakukan hal serupa.
“Pekan ini kami membawa serta SiMOLEK berkeliling Malang Raya, dan melakukan sosialisasi di beberapa lokasi strategis. Seperti kampus, kantor pajak dan stadion sepakbola,” beber Wahyu ketika ditemui Malang Post di depan Masjid Ar Fachrudin UMM, kemarin (24/11).
Pria ramah ini menyebutkan, jadwal SiMOLEK dan Jiwasraya di pekan ini. Bila kemarin sosialisasi berlangsung di UMM dan UB, maka hari ini (25/11) dijadwalkan di UM. Beberapa lokasi lain seperti Kantor Pajak Pratama Malang Utara, Stadion Kanjuruhan Kepanjen dan di Polresta yang akan berlangsung sampai Jumat (28/11) depan.
Menurut dia, kampus menjadi salah satu sasaran sebab menawarkan kerumunan mahasiswa dalam jumlah yang besar dan beberapa diantaranya telah memiliki kerjasama dengan Jiwasraya untuk cover asuransi sang mahasiswa. 
“UMM, UB, UM dan Unikama merupakan kampus yang sudah menjadi partner kami selama ini. Tetapi, dalam sosialiasi ini kami ingin mengenalkan secara lebih dalam pengetahuan jasa keuangan dan asuransi,” papar dia panjang lebar.
Wahyu menjelaskan, dengan ,mobil SiMOLEK pengenalan juga menjadi lebih mudah. Sebab mobil tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan multimedia serta fitur-fitur lengkap untuk memenuhi kebutuhan penyampaian materi edukasi. Selain itu, mobil SiMOLEK juga menyediakan materi-materi edukasi dari OJK. “Selain itu kami tambah juga dengan pengenalan akan Jiwasraya,” tegas dia.
Menurutnya, tidak hanya bertanya mengenai OJK, bagi mahasiswa atau masyarakat yang telah paham, juga turut berkonsultasi di lokasi SiMOLEK tersebut.
Dia menambahkan, sosialisasi tersebut juga bermanfaat mengenalkan Jiwasraya kepada masyarakat secara individu. Diakuinya, beberapa yang terlihat tertarik untuk mengikuti asuransi akan mendapat follow up lebih lanjut agar mendapat pengetahuan berasuransi.
Sementara itu, untuk tahun ini, terkait pertumbuhan bisnis Jiwasraya, di Regional Malang mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Wahyu menyebutkan, dari rata-rata 60 polis baru per bulan, kini sudah mencapai dua kali lipatnya, atau menembus 130 polis per bulan. “Malahan di akhir tahun ini lebih dari jumlah itu,” tegas dia. (ley/fia)