Garansi Neon Box Lampu Mati

MALANG – Utero Advertising yang mengembangkan bisnisnya di bidang jasa desain dan produksi mengalami peningkatan omset menjelang akhir tahun 2015. Bulan November ini, omset meningkat hingga 99 persen. Omset juga diperkirakan terus naik hingga Desember nanti.
Peningkatan omset terjadi karena banyak masyarakat yang membuka usaha dan membutuhkan desain logo untuk produknya. Hal itu membuat omset Utero meningkat hingga mencapai Rp 400 juta. Menurut Sales Counter Utero Advertising, Puji Rahayu, permintaan paling banyak company profile dari berbagai kota seperti Pasuruan, Jogja dan Malang.
“Paling banyak itu permintaan company profile karena banyak orang yang memulai bisnis pada tahun 2015 nanti. Tentunya omset kita juga meningkat dua kali lipat. Jika bulan biasa Rp 20 juta maka bulan ini Rp 400 juta,” tutur Puji.
Puji mengatakan, harga untuk desain untuk company profile Rp 30 juta hingga Rp 60 juta. Sedangkan harga untuk cetak produk menyesuaikan bahan dan banyak layout yang diinginkan oleh customer.
”Harga setiap company profile berbeda tergantung dari bahan yang dipakai dan banyaknya layout yang diinginkan customer. Namun kami selalu memberikan saran dan solusi baik untuk desain maupun produk agar terlihat bagus,” jelasnya.
Hal senanda juga diungkapkan oleh Owner Utero Advertising, Dadik Wahyu Chang. Dadik mengatakan, ketika bertemu dengan customer setiap desainer yang ada akan memberikan saran baik untuk desain dan estimasi biaya.
”Jika customer ingin mencetak banner atau brosur untuk info maka biasanya kami menyarankan untuk memakain ukuran yang sesuai. Hal itu untuk menghemat biaya yang dikeluarkan oleh customer,” terang Dadik.
Menurutnya, saat ini paling banyak permintaan dari segmen atas seperti hotel, bank dan perusahaan. Dadik mengatakan, biasanya customer menyerahkan sepenuhnya desain dan aplikasi desainnya. Ia memberikan contoh saat membuat logo perusahaan, ia juga memberikan skema penematan logo tersebut.
”Bukan hanya desain, tapi kami juga memberikan skema terkait aplikasi logo misal hotel. Berbagai skema yang ada seperti warna, ukuran dan aplikasi pada map, kop surat, pensil, buku dan alat transportasi pada perusahaan,” ungkap Dadik saat ditemui di kantornya yang berada di Jl. Soekarno Hatta.
Untuk meningkatkan kepuasan customer, Dadik mengatakan, terdapat garansi produk dan garansi layanan. Garansi produk yang diberikan bisanya berlaku selama satu tahun. Namun untuk garansi layanan berlaku seumur hidup. Garansi layanan yang dimaksudkan Dadik adalah ketika banner atau neon box yang ia buat terdapat perubahan seperti miring atau mati.
”Tanpa menunggu pemberitahuan dari customer jika kita melihat produk kita terdapat kesalahan misal lampu mati atau letaknya agak miring maka akan kami benahi. Itu salah satu cara kami menjaga hubungan baik dengan customer agar usaha ini semakin berkembang,” jelas pemilik usaha yang telah mempunyai lebih dari 16 cabang diseluruh Indonesia itu.
Untuk mengembangkan bisnisnya, tahun 2015 mendatang ia akan membuaka satu lagi cabangnya di Kota Malang. Di cabang tersebut akan ada space baru seperti cafe. Selain itu, Utero juga akan membuka kelas khusus untuk anak muda yang ingin belajar desain. (mg5/feb)