27 Perusahaan Tampung Fresh Graduate

MALANG – UB Career Expo yang dilaksanakan di Gedung Samantha Krida dipadati lulusan berbagai Perguruan Tinggi yang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Sebanyak 27 perusahan Nasional dan Multi Nasional tergabung dalam acara yang dilaksanakan hingga Kamis (27/11) hari ini.
Berbagai macam perusahaan yang tergabung seperti Sank Syariah Mandiri, BRI Syariah, Erha Clinic, Epson, Bringin Life, Tower Bersama Group, Coca Cola Amatil, Smart, Danamon, Biznet, Beachwalk, Asian Agri dan SMS Finance. Lulusan dari berbagai fakultas dan kampus itu berkumpul dengan membawa beberapa cv yang telah mereka persiapkan.
“Acara ini untuk menyaring lulusan yang berkompeten dan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Mereka bisa memilih perusahaan mana yang diinginkan, seperti asuransi, bank, travel, dan jasa lainnya,” tutur Koordinator Acara UB Career Expo, Bily Saragi.
Menurutnya, kebutuhan perusahaan dengan berbagai kriteria yang ada membuat persaingan semakin ketat. Ia juga mengatakan, dalam kesempatan itu mahasiswa bisa mendapatkan banyak informasi karena setiap perusahaan menyediakan perwakilan untuk menjelaskan kriteria yang dibutuhkan.
“Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri. Tapi jangan kuatir karena sudah ada perwakilan dari perusahaan seperti sales marketing dan yang lainnya untuk memberikan pemahaman pada mereka yang hadir,” terang Bily.
Salah satu lulusan yang datang pada acara tersebut adalah Faradita Rofa Wijayanti. Lulusan Teknik Industri Pangan itu telah memasukkan lamaran kerjanya ke beberapa perusahaan yang ada seperti Mandiri Syariah dan SMS Finance. Ia tidak ingin membuang waktunya agar segera mendapatkan pekerjaan.
”Sudah tiga perusahaan yang saya berikan CV. Tapi ini masih mau melihat lagi. Semoga nanti bisa lolos seleksi dan segera mendapatkan pekerjaan. Kalau bisa yang sesuai dengan bidang saya,” ujarnya.
Bersama salah satu temannya ia melihat setiap stand perusahaan yang ada. Ia mengatakan, saat ini beberapa perusahaan telah memberikan kemudahan untuk mereka dalam memasukkan lamaran kerja. Tidak harus memberikan surat tertulis tapi bisa dengan hanya menuliskan alamat email.
”Saat ini sudah banyak kebudahan yang diberikan. Kita tidak perlu membawa CV terlalu banyak karena ada beberapa perusahaan yang hanya meminta alamat email,” lanjutnya.
Sementara itu, Recruitment Assessment Sms Finance, Yeni Indra Kurnia mengatakan antusias mereka yang hadir begitu tinggi. antusias itu bisa dilihat dari banyaknya yang menuliskan alamat email mereka.
”Ini baru dibuka sekitar dua jam yang lalu tapi hampir 150 orang yang telah menuliskan alamat email mereka. Kami juga senang bisa menyambut calon supervisor yang akan bergabung di perusahaan kami,” ucap Yeni.
Yeni mengatakan, peserta yang telah lolos seleksi email akan dikirim surat pemberitahuan ke email masing-masing. Setelah itu peserta yang lolos diwajibkan membawa CV untuk diseleksi lagi saat tes psikotest. (mg5/feb)