Jelang Tahun Baru, Penjualan Kamera DSLR Meningkat

MALANG – Penjualan kamera DSLR menjelang tahun baru semakin meningkat. Meskipun banyak smartphone yang menyediakan layanan kamera dengan hasil bagus namun hal itu tidak mempengaruhi penjualan kamera DSLR.
Kepala Toko Westime Jessika Y mengatakan masyarakat masih menyukai penggunaan kamera DSLR dibandingkan kamera dalam perangkat seluler. Menurutnya, segmen pasar perangkat selular dengan kamera terutama DSLR berbeda. Hal itu terlihat dengan semakin banyaknya pembeli yang mencari kamera DSLR menjelang tahun baru untuk mengabadikan moment yang berlangsung setahun sekali itu.
“Meskipun saat ini banyak gadget canggih dengan kamera depan belakang yang lumayan bagus namun masih banyak yang mencari kamera DSLR. Saat ini sudah bisa dilihat peningkatan penujualannya sebanyak 5 persen,” tutur Jessika.
Ia mengatakan, tahun 2012 lalu penjualan kamera hingga akhir tahun meningkat hingga 30 persen. Tahun ini ia belum bisa memprediksi berapa besar prosentase kenaikan penjualan. Menurut Jessika, banyaknya pembeli kamera DSLR menjelang tahun baru dikarenakan ingin mengabadikan moment langka itu.
“Tahun baru biasanya dijadikan moment untuk kumpul bersama keluarga. Entah itu piknik atau ke suatu tempat. Intinya pada tahun baru sebagian keluarga yang bekerja sedang libur sehingga moment seperti itu merupakan sesuatu yang langka dan harus diabadikan,” terangnya.
Ia juga menjelaskan, kamera DSLR kualitasnya lebih bisa diandalkan untuk mereka yang memang hobi fotografi dan untuk urusan pekerjaan.
Hal senada juga diungkapkan oleh Supervisor Pantai Photo, Ayu Istiqomah. Menurutnya, segmen pasar antara kamera DSLR, kamera pocket dan gadget berbeda.
“Kalau kamera DSLR itu kan biasanya menengah ke atas dan untuk urusan pekerjaan atau mereka yang memang hobi fotografi. Sementara untuk kamera pocket dan HP biasanya digunakan untuk sekadar foto dan yang ingin simpel,” ungkap Ayu.
Ayu menjelaskan, menjelang tahun baru penjualan kamera dari berbagai merek sama. Ia memberikan contoh penjualan Canon dan Nikon yang terus meningkat. Menurutnya, penggemar kedua merek tersebut memiliki alasan tersendiri saat membeli.
“Kita tidak bisa membandingkan Canon atau Nikon yang paling banyak dipilih oleh pembeli karena penjualan kedua merek itu seimbang. Masing-masing pengguna tentunya memiliki alasa tersendiri mengapa mereka memilih merek tersebut,” lanjutnya.
Canon 600 D Kit 2 dan Nikon D3300 menurut Ayu adalah merek yang paling banyak dipilih oleh pembeli yang rata-rata pemula. Selain harganya yang terbilang murah fitur dan aplikasi dari kedua merek itu user friendly.
“Untuk harga di Canon 600 D Kit 2 di tempat kita Rp 7 jutaan sedangkan Nikon D3300 Rp 6 jutaan. Harga itu terbilang murah untuk pemula yang memang memiliki hobi fotografi,” pungkasnya. (mg5/oci)