Jeans Etnik dengan Bordir Hand Made

MALANG – Kreasi bahan jeans menjadi rok, bolero dan gamis yang dibordir dengan nuansa entik menjadi ciri khas Bati Qyunik.  Ciri khas lainnya dari butik tersebut adalah teknik bordir yang dibuat secara manual atau hand made.
Beberapa bordir yang ada seperti harajuku red, India, bunga laut, daun NTT, abstrak orange, Kalimantan style dan circle. Owner Bati Qyunik, Dewi Windari mengatakan sengaja mengaplikasikan bordir pada jeans karena masih belum banyak yang menggunakan teknik tersebut. Menurutnya, meskipun terdapat bordiran namun biasanya dibuat dari mesin.
“Kelebihan bordiran di sini adalah dibuat secara manual sehingga kualitasnya lebih bagus dan benang tidak mudah lepas atau rapuh. Kenapa memilih jeans sebagai media karena saat ini belum begitu banyak yang menerapkan hal itu,” ucap Dewi.
Ia menjelaskan, pemilihan nuansa etnik dilakukan agar terlihat lebih unik. Adanya bordiran itu menurut Dewi membuat rok dan bolero terlihat lebih modis. Harajuku red dan Kalimantan style adalah motif yang paling banyak disukai oleh pembeli. “Jeans mudah dipadukan dengan busana sehari-hari,” tuturnya.
Sementara itu, hasil bordiran yang rapi dan dibuat secara manual itu ditawarkan dengan harga yang bersahabat. Untuk rok panjang harganya mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu. Sedangkan bolero Rp 270 ribu hingga Rp 350 ribu. “Kualitas bahan jeans yang baik dan tidak luntur,” lanjut Dewi.
Menurutnya, kelebihan jeans terletak pada kemampuannya untuk membaur dengan baik di situasi formal dan informal. Rok jeans nyaman dipakai kemanapun dan tetap terlihat bergaya. Selain itu, keunggulan rok dan bolero jeans adalah kemudahan, kenyamanan dan kekuatannya.
“Baik rok maupun bolero itu bisa dipakai kapanpun. Bisa juga untuk kerja atau ngampus. Sekarang ini bolero sangat diminati oleh kalangan wanita baik tua atau  muda. Modelnya yang unik dan menerik mampu membuat hati para wanita terpikat,” ungkapnya.
Di sisi lain, bolero jeans mudah dipadukan dengan busana atau bawahan apapun. Dewi mengatakan, para wanita tidak perlu khawatir untuk menyempurnakan penampilan karena banyak model dan motif yang dapat dipilih. (mg5/fia)