Dongkrak Penjualan, Rajin Geber Pameran

MALANG – Jelang akhir tahun, pabrikan otomotif mulai mematok target sales lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya. Untuk menggapai target tersebut, pabrikan lebih gencar menggelar promosi, seperti dengan menggelar pameran hingga memberikan diskon untuk pembelian unit tertentu.
Head of Sales Nissan Malang, Dani Widodo mengatakan, untuk Desember ini, Nissan mematok pertumbuhan sales 15 persen. Menurut dia, dengan target tersebut, maka pabrikan yang penjualannya didominasi oleh tipe Grand Livina itu mematok penjualan 90 unit.
“Desember ini, patokan pertumbuhan kami tidak terlalu tinggi meskipun akhir tahun. Sebab, kami berkaca pada hasil penjualan selama dua bulan terakhir,” katanya.
Menurut dia, periode November lalu penjualan Nissan mencapai 75 unit. Sedikit lebih baik ketimbang periode Oktober ketika penjualan di angka 70 unit. “Memang di kuartal terakhir ini penjualan lebih terhambat, tetapi trendnya sudah membaik,” ujar dia kepada Malang Post.
Untuk menggapai 90 unit tersebut, Nissan mengandalkan seri Livina dan X-Gear. Selain itu, pabrikan juga menggelar diskon akhir tahun. Menurutnya, customer bisa bertanya tentang informasi promo di akhir tahun di pameran maupun datang langsung ke diler. “Kami intensif mengikuti pameran di Matos dan MOG untuk Desember ini,” paparnya.
Terpisah, Supervisor Datsun Malang, Bayu Luberizky menuturkan, Datsun mematok penjualan 80 unit. Menurutnya, target itu berdasarkan minat customer beberapa waktu terakhir. “Performa penjualan Datsun terus mengalami peningkatan. Spesial di akhir tahun ini, kami mematok target itu,” ujarnya.
Menurut Bayu, sejak pertama kali dikenalkan Mei lalu, penjualan Datsun mencatatkan angka yang menggembirakan. Sales dari mobil murah tersebut di antara 50-70 unit per bulan. Menurutnya, memang sempat mengalami masa sepi. Namun, hingga akhir November lalu, catatan sales telah mencapai 550 unit.
Desember ini, untuk menggapai target, Datsun menggelar show room event. Selain itu, Datsun juga menawarkan pembelian mobil dengan DP lebih ringan, bisa mencapai Rp 20 juta. Padahal, ketika normal uang muka di kisaran Rp 27 juta sampai dengan Rp 30 juta. “Masih ada juga hadiah langsung bagi customer yang datang langsung ke diler, membeli sebelum akhir tahun ini,” pungkas Bayu.(ley/ary)