Garra Rufa Menyenangkan untuk Terapi Ikan

MALANG –Terapi ikan dengan menggunakan jenis ikan Garra Rufa bisa ditemui di MOG. Perawatan ikan yang mudah dan murah mampu memberikan omset Rp 4 juta per bulan.
Penanggung Jawab Dr. Fishero, Erni Widayanti mengatakan, setiap hari terdapat 10 hingga 20 orang yang melakukan terapi ikan. Harga yang terbilang murah menurutnya mampu menarik minat masyarakat. Cukup merogoh kocek Rp 10 ribu, pengunjung bisa merasakan gigitan ikan Garra Rufa selama 15 menit.
Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 40 ribu untuk waktu 60 menit. Menurut Erni, terapi kesehatan menggunakan ikan Garra Rufa berjenis Nibble Fish itu  akan memakan sel-sel kulit mati. Ia juga mengatakan, proses ikan menggigit kulit manusia menciptakan micro pelling effect yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan kulit baru sehingga kulit lebih halus dan elastis. Dalam satu kolam dengan lebar 2 x 2 meter itu terdapat sekitar 250 ekor ikan.
“Manfaat terapi ini untuk pembentukan sel kulit baru. Dalam satu wadah terdapat sekitar 250 ekor ikan dan perawatannya tidak rumit,” tutur Erni.
Ia mengatakan, harga antara Rp 3500 hingga Rp 4000 per ekor. Harga yang terbilang cukup mahal itu membuatnya harus rutin memberikan vitamin Blits Icth untuk menjaga daya tahan ikan. Pembersihan yang dilakukan sebulan sekali selain untuk kebersihan kolam juga untuk menjaga kesehatan ikan.
“Kalau ikannya dulu kita datangkan dari Suarabaya. Agar ikan tetap sehat maka kita melakukan pembersihan sebulan sekali,” lanjutnya.
Untuk menjaga suhu air Erni menggunakan heater elektrik. Sedangkan untuk menjaga kebersihan air kolam selama terapi, setiap pengunjung harus mencuci kaki mereka terlebih dahulu dan mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang telah disediakan. (mg5/ary)