Wisata Akhir Tahun, Batu Lebih Favorit dari Bromo

MALANG – Jelang akhir tahun, Malang Raya mulai dipenuhi permintaan wisata dari luar daerah. Tercatat, beberapa lokasi yang menjadi buruan seperti Museum Angkut di Batu, Pantai Bolu-bolu di Malang Selatan hingga Bromo menjadi destinasi yang diminta untuk berlibur akhir tahun nanti.

Owner QA Holiday Travel Kiky Andika menuturkan, permintaan sudah mulai meningkat sejak November lalu. Semakin memuncak, di pekan pertama dan kedua Desember ini. “Untuk permintaan paket liburan akhir tahun sudah mengalami peningkatan. Namun, ada beberapa perubahan minat dari wisatawan,” ujarnya.

Menurut dia, bila tahun lalu untuk periode akhir tahun wilayah Bromo mendominasi, untuk tahun ini Batu sedang menanjak popularitasnya. Hal ini disebabkan makin bervariasinya tempat wisata di Kota Wisata Batu, salah satunya Museum Angkut.

“Tempat lain di Batu seperti Eco Green Park, Jatim Park, BNS hingga wisata petik buah menjadi permintaan wisatawan,” beber dia kepada Malang Post.

Menurutnya, ketimbang tahun lalu, terdapat peningkatan permintaan wisata mencapai 30 persen untuk tujuan Batu. Hasilnya, tahun ini untuk wilayah Malang Raya, ketika momen Natal dan akhir tahun nanti, di QA Holiday akan banyak mengantar wisatawan ke Batu.

“Memang masih ada beberapa grup yang ke Bromo. Tetapi tidak sebanyak tahun lalu. Tidak tahu lagi bila beberapa hari ke depan ada permintaan,” urai dia panjang lebar.

Ibu satu anak ini menyampaikan, faktor cuaca yang mempengaruhi penurunan wisata alam di tahun ini. Akan tetapi, secara keseluruhan, di akhir tahun ini terjadi peningkatan permintaan sekitar 10 persen. Beberapa wisatawan yang sudah memesan paket liburan seperti dari Makassar, Jakarta dan Surabaya. “Dari luar kota banyak yang penasaran dengan Museum Angkut dan wisata petik buah,” tambah Kiky. (ley/oci)