Pasar Sambut Hangat Koleksi Terbaru Fuso

MALANG - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selalu pemegang merek resmi mobil penumpang dan komersial Mitsubishi di Indonesia baru-baru ini mengenalkan truk Fuso FJ2523 Super Long dan FJ2528 Mixer. Dua commercial car tersebut diyakini merupakan sebuah investasi terbaik bagi pengusaha melalu keunggulan yang ditawarkannya.
Koordinator Sales Commercial Car PT Sun Star Motor Malang, Eko Sugeng Riadi mengatakan, dua seri tersebut resmi dikenalkan medio Oktober lalu. “Untuk wilayah Jawa Timur, perkenalannya di Hotel Shangri-La Surabaya,” katanya.
Menurut dia, pasca resmi dikenalkan, varian tersebut langsung menggoda pengusaha. Terutama untuk seri Fuso FJ 2523 Super Long, Sebab di Malang varian itu yang sudah ready sejak akhir Oktober lalu.
“Dalam sebulan bisa terjual lebih dari 10 unit. Sekarang saja sudah tidak ada unit yang ready,” beber pria yang akrab disapa Adit tersebut.
Tak pelak untuk saat ini, customer yang menginginkan seri dengan bandrol Rp 500 jutaan tersebut mesti menunggu beberapa saat, antara dua sampai tiga minggu. “Tetapi terkadang bisa lebih lama. Sebab, untuk distribusi Jawa Timur kan tidak hanya Malang saja,” jelas dia kepada Malang Post.
Dia merinci, New Fuso FJ 2523 itu memiliki spesifikasi mesin kapasitas 6.373 cc dengan 230 PS, kapasitas angkut lebih besar, torsi atau tenaga sebesar 83 kg.m/ 1.200-1.600 rpm pada putaran rendah dan putaran tinggi.  Besaran torsi dalam produk terbarunya tersebut diklaim yang terbesar di kelasnya.  
“Torsi maksimal yang besar didapat mulai putaran mesin yang rendah dengan interval yang panjang sehingga menghasilkan daya tahan mesin yang lebih,” urainya.
Pria ramah ini menerangkan, New Fuso FJ2523 menggunakan Unitized Injection Pump yang terpasang di setiap silinder mesin dan menghasilkan efisiensi bahan bakar serta perawatan mudah. Kendaraan itu memiliki kopling dengan diameter lebih besar 395 mm dan adanya 15 L Auxilarry tangki udara yang memberikan pengoperasian kopling lebih aman dan awet pemakaiannya.  
“Selain itu memiliki panjang chassis cab to end 9,407 meter dan total keseluruhan adalah 11,967 meter sehingga dapat menampung kapasitas muatan besar hingga 56.4 meter kubik,” papar dia panjang lebar.
Sementara itu, New Fuso FJ2528 (6x4) Super Mixer adalah salah satu varian terbaru fuso truck dan mixer pertama yang dikeluarkan oleh Mitsubishi Indonesia. Seri ini memiliki spesifikasi mumpuni yang tidak bisa ditandingi oleh fuso sejenis.
“Desain kabin yang dimiliki sangat modern dan berkelas. Selain itu, juga memiliki kekuatan mesin yang besar yaitu 280 PS dan memiliki torsi paling besar dikelasnya yaitu sebesar 112 kg pada putaran rendah dan juga tinggi,” tambahnya.
Tentang kapasitas angkutnya, New Fuso FJ2528  Super Mixer, varian ini memiliki kapasitas angkut lebih besar jika dibandingkan dengan saudaranya terdahulu. (ley/fia)

Mobil Komersial Dominasi Penjualan
PT Sun Star Motor memiliki dua kelas mobil yang ditawarkan pada customernya. Kelas commercial car masih mendominasi penjualan hingga jelang berakhirnya tahun 2014 ini, dengan rata-rata penjualan antara 80-100 unit per bulan.
“Bila diprosentasekan, 65 persen dari sektor mobil komersial, sisanya dari mobil penumpang,” rinci Koordinator Sales Commercial Car PT Sun Star Motor Malang, Eko Sugeng Riadi. Menurut dia, mobil komersial terdiri dari berbagai pilihan, mulai dari consumer food, material hingga ekspedisi. Dia mengakui, beragamnya pilihan unit mobil komersial membuat catatan penjualan Mitsubishi unggul pada sektor tersebut.
“Dalam sebulan, minimal penjualan dari sektor komersial sekitar 80 unit. Tetapi bisa mencapai 100 unit di waktu tertentu,” jelas dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, penjualan mobil di Mitsubishi memang didominasi oleh mobil komersial. Sepanjang 2014 ini, terjadi peningkatan sales sekitar 10 persen untuk sektor tersebut di wilayah Malang Raya. “Secara nasional, pertumbuhannya juga hampir sama,” beber dia.
Pria yang akrab disapa Adit ini menambahkan, faktor yang membuat penjualan Mitsubishi unggul yakni aktifnya pabrikan tersebut mengeluarkan seri terbaru. Termasuk pada Oktober lalu sudah mengenalkan dua seri fuso dengan tipe FJ2523 dan FJ2528 Mixer.
Untuk seri pertama, penjualan sudah terjadi sejak Oktober, sementara untuk seri Mixer, baru bisa diinden. Untuk unitnya, diprediksi akhir bulan ini sudah bisa tersalurkan hingga daerah, seperti di Malang. Dua tipe tersebut, memiliki fungsi yang berbeda, yakni satu sebagai mobil pengangkut atau ekspedisi, sementara satunya yakni FJ2528 merupakan seri mobil infrastruktur. (ley/fia)