Si Kekar Tegang Ditusuk Jarum

MALANG –Sosok petugas satuan pengamanan atau satpam yang selama ini terkesan sangar dan tegas dan berani, sejenak berubah kemarin pagi. Beberapa melemparkan senyum sebagai penghilang rasa takut. Bahkan yang berbadan kekar, ada juga yang tampak tegang menunggu giliran tangannya ditusuk jarum oleh petugas PMI.
Ya, para Satpam dari berbagai instansi tersebut tengah antre berdonor darah. Aktifitas mulia itu digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 34, Rabu (17/12) kemarin. Sebanyak 300-an satpam mendaftarkan diri pada donor darah yang bertempat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang.  Peserta satpam tersebut beragam, mulai dari satpam perbankan, pusat perbelanjaan, kampus hingga perusahaan.
“Acara ini merupakan gelaran yang dilakukan oleh BI Malang dan bekerjasama dengan Polresta Malang untuk memperingati HUT Satpam,” ujar Koordinator Donor Darah yang juga Kepala Unit SDM KPw BI Malang, I Dewa Putu Astadi Putra.
Dia menyebutkan, acara donor darah ini sebagai bentuk kepedulian BI akan persediaan darah di Malang. Apalagi, setetes darah yang terkadang dianggap sepele tersebut bisa menyelamatkan nyawa manusia lain yang tengah membutuhkan.
“Beberapa kali PMI memberikan informasi kekurangan stok darah dengan tipe tertentu. Makanya, acara di momen berharga ini pasti mengandung banyak makna,” beber Putu kepada Malang Post.
Pria asal Bali ini menjelaskan, dalam donor darah kemarin terkumpul sekitar 240 kantong. Menurut dia, PMI dan BI Malang sejatinya menargetkan angka maksimal 300 kantong. “Namun, beberapa dari teman satpam ada yang tidak lulus ketika diperiksa kesehatannya. Misalkan mereka kurang tidur karena selepas jaga malam, atau HB-nya kurang,” urai dia.
Sementara itu, pada hari ini KPw BI Malang juga akan Dialog, Peragaan Busana Batik dan Gelar Produk Batik Katesa di Hotel Atria Malang. Acara tersebut mengundang sembilan kepala daerah yang berada di area KPw BI Malang. Mulai dari Malang Raya, Kabupaten/ Kota Pasuruan, Kota Probolinggo dan spesial dari Kota Blitar.(ley/ary)