SUV India Berani Saingi Produk Jepang

Otomotif
MALANG–Pabrikan otomotif asal India, Tata Motors terus bergeliat dalam menarik perhatian pecinta otomotif. Salah satunya, Tata memiliki varian di kelas SUV dengan nama Tata Safari Strome yang bersaing dengan SUV dari pabrikan lain seperti Fortuner, CR-V hingga Pajero.
Saels Executive Promotor Aga Perdana, Cahyo Andhi menuturkan, Safari Storme merupakan varian paling mewah dari Tata untuk saat ini. Kehadirannya, diyakini pabrikan mampu bersaing dengan pabrikan lain seperti dari Toyota, Mitsubishi hingga Honda.
SUV dari Tata ini memiliki keunggulan dari segi harga. Ketimbang kompetitor, mobil yang ditawarkan di kisaran Rp 302 juta sebelum diskon ini terhitung paling murah. Sebab, Tata sendiri juga dikenal sebagai pabrikan yang memiliki koleksi dengan harga murah dan ramah di kantong.
“Semua seri Tata dipastikan lebih murah dibanding kompetitor, dalam kategori kelas yang sama. Misal pick up, MPV hingga city car,” beber Cahyo kepada Malang Post.
Tata Safari Strome ini dikenal sebagai salah satu mobil yang mempunyai durabilitas yang cukup tinggi, sehingga menjadi salah satu mobil SUV yang dibanggakan, terutama di India. Dengan bodi yang cukup besar serta ground clearance yang tinggi, membuat Safari Strome ini terlihat sangat gagah.
“Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.922 mm, serta wheelbase 2.650 mm. Untuk bobotnya Safari Strome ini mencapai berat 2000 kg,” bebernya.
Dia menjelaskan, tampilan eksterior Safari Strome ini terlihat lebih berotot dengan desain masih sedikit mengotak khas mobil SUV, bentuk headlamp begitu dinamis dan berkelas. Pada tampilan bagian depan tampak sporty dan bergaya serta desain grill yang lebar sehingga memberikan kemewahan tersendiri.
“Untuk interiornya, meskipunn bergaya SUV yang tangguh namun desain interiornya terlihat sangat elegan dan sporty. Ruang kabin juga begitu luas seperti mobil SUV kebanyakan. Kenyamanan pengemudi dan penumpang menjadi prioritas utama Tata Motors, terbukti dengan penggunaan material yang berkualitas tinggi,” urai dia panjang lebar.
Kenyamanan Tata Safari Storme ini juga diperoleh dengan penggunaan suspensi depan independent double wishbone dan coil spring over shock absorber. Sedangkan suspensi belakang menggunakan 5-link dengan coil spring. Sistem keamanan juga cukup diperhitungkan Tata Motors dengan pengaplikasian sistem pengereman ABS dan EBD serta dual SRS Airbag.
Safari Storme empat warna yang dihadirkan meliputi Astern Black, Arctic Silver, Pearl White, dan Urban Bronze. Koleksi ini melengkapi beberapa varian lain dari Tata mulai dari Ace Ex 2, Super Ace, Vista hingga Aria.(ley/ary)