Toyota Perkuat Brand Image dengan Safety Driving

MALANG - Penjualan mobil Toyota masih menguasai pasar otomotif di Malang. Tercatat, market share Toyota hingga akhir November lalu sebesar 34 persen dan masih yang tertinggi ketimbang kompetitor. Meskipun demikian, tidak membuat Toyota berpuas diri. Sebagai bukti, pabrikan tersebut memperkuat brand image dengan menggelar program safety driving jelang penutupan tahun 2014.
Supervisor Toyota Auto 2000 Sutoyo, D. Bachtiar Adjie menyampaikan, Toyota masih mendapatkan tempat di hati pecinta otomotif. "Meskipun tahun ini persaingan dari berbagai macam pabrikan sangat kompetitif,  market shareToyota masih nomor satu," ujarnya.
Menurut dia, tahun ini Toyota mencatat market share sebesar 34 persen. Ketimbang tahun lalu, memang terjadi penurunan. "Share Toyota memang turun, tetapi tidak terlalu besar. Sebab, akhir tahun lalu kami mencatat angka 35,7 persen," beber dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, penurunan memang wajar. Pasalnya, sepanjang 2014 ini muncul kompetitor yang sempat beberapa saat menggoda customer. Misalnya low MPV dari Honda serta seri terbaru dari Low Cost Green Car (LCGC) Datsun.
"Namun, Toyota masih bisa membuktikan dengan hasil yang cukup bagus dan turunnya tidak terlalu besar," urai Adjie.
Pria ramah ini menerangkan, penjualan Toyota di Malang Raya dan sekitarnya sepanjang tahun 2014 tumbuh sebesar 41 persen. Menurut dia, hasil itu sedikit di bawah target yang dipatok sebesar 45 persen.
Menurutnya, low MPV masih menjadi andalan bagi Toyota untuk menggapai target pasar dengan memimpin pasar sebesar 35 persen. Untuk segmen ini, low MPV Toyota seri Avanza mesti bersaing dengan saudaranya yakni Daihatsu Xenia, ditambah lagi dari pabrikan lain seperti Mobilio, Datsun Go+ Panca, Ertiga hingga Grand Livina.
Sementara itu, Minggu (21/12) kemarin, Toyota Auto 2000 menggelar program Sosialisasi Safety Driving yang berlangsung di MX Mall dengab mengubdang Komang Ferry, Peslalom Nasional sebagai speaker. Acara itu, diakui Adjie sebagai bentuk brand image agar mobil Toyota makin dikenal dan memiliki nama di hati pasar. Sebab, selain mengundang komunitas yang sudah menjadi customer Toyota, pengunjung mall yang melintas semakin mengenal Toyota.
"Kota Malang ini merupakan kota ke 10 di Indonesia dan ke 2 di Jawa Timur. Kota Malang sebagai second city sangat berpotensi untuk memperkuat brand image," pungkas dia. (ley/fia)