Pasar Muslim Masuki Masa Puncak di 2015

MALANG - Tahun 2014 tersisa kurang dari 10 hari. Persaingan lebih berat dipastikan terjadi di tahun 2015 mendatang yang berbarengan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tak pelak, bagi pebisnis pun mesti memirkan strategi bisnis terbaik, dan sektor yang potensial akan berkembang di tahun depan.
Muslim market memiliki potensi berkembang yang sangat pesat tahun depan. Hal itu berdasarkan perkembangan pasar bisnis selama beberapa tahun terakhir. "Tahun depan muslim market akan mulai mendekati puncaknya dan menjadi sektor bisnis potensial yang sangat digandrungi," ujar Pakar Marketing Nasional, Yuswohady.
Dia menyebutkan, pasar muslim mulai bertumbuh 2-3 tahun terakhir. Sebagai bukti, diberbagai kota bahkan tingkat desa, bermunculan sektor bisnis yang mengembangkan spirit muslim. Misalnya bisnis fashion muslim, hotel syariah, perbankan syariah hingga makanan berlabel halal.
"Muslim market, sepanjang 2014 ini mulai menunjukkan tajinya. Tahun depan, growth pelaku bisnis ini dipastikan melesat, menyesuaikan permintaan pasar yang juga tinggi," terang dia, usai Seminar Marketing Outlook 2015 yang berlangsung di Hotel Tugu akhir pekan lalu.
Dia menerangkan, muslim market juga memiliki pasar yang sangat besar, begitu pula di Indonesia. Sektor yang dibisniskan dan menyasar berbagai kalangan, baik segmen bawah, menengah hingga atas seperti hijab fashion, makanan halal, kosmetik halal dan asuransi syariah.
"Dengan sasaran menengah ke atas seperti bisnis umrah dan hotel syariah," terang dia.
Pria yang akrab disapa Yuswo ini menegaskan, sektor yang selama ini dianggap sebagai sektor marketing mahal seperti penjualan mobil dan motor gede juga sangat berpotensi. Menurut dia, sepanjang 2014 ini, permintaan dari penjualan barang-barang tersebut mulai mendominasi dan dianggap oleh masyarakat sebagai trend terbaru.
"Terdapat pergeseran gaya hidup saat ini. Handphone dianggap barang murah, sedangkan mobil atau motor sport seakan bukan barang mewah. Jika ingin sukses, pemasaran 2015 harus perhatikan perkembangan ini," urai dia panjang lebar.
Sementara itu, antusiasme tampak dalam acara Seminar Marketing Outlook 2015. Tidak hanya pebisnis sukses yang semangat menyambut 2015. Namun, pebisnis muda yang menggarap penjualan melalui metode online shop pun tak kalah tertantang untuk sukses menghadapi persaingan bisnis di tahun depan. (ley/fia)