BNI Resmikan ATM Sepeda Motor

MALANG – Jelang tutup tahun 2014, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk melakukan inovasi untuk memanjakan nasabah. Bank plat merah tersebut membuat anjungan tunai mandiri (ATM) yang dikhususkan bagi pengguna sepeda motor di Kota Malang, tepatnya di Jalan Danau Toba, Sawojajar. ATM tersebut merupakan yang pertama di Malang dan kedua di Jawa Timur.
Akhir pekan lalu, ATM Sepeda Motor BNI juga diresmikan di Surabaya yang berada di Giant Squard Jalan A. Yani. “Di Malang ini merupakan ATM motor pertama BNI dan menjadi yang kedua di Jatim serta yang ketiga di Indonesia,” ujar CEO BNI Kantor Wilayah Surabaya, Dasuki Amsir, Senin (22/12) kemarin.
Dia menuturkan, ATM Sepeda Motor ini  didirikan karena memiliki potensi yang besar. Di Jakarta misalnya, terjadi 9.000 transaksi per bulan, melebihi transaksi normal sebesar 4.000 transaksi per bulan.
Khusus di Malang, dia menargetkan 3.000 transaksi per bulan. Jumlah tersebut diperoleh dari penyediaan tiga mesin ATM Ride Thru yang terdiri dari dua pecahan Rp 100 ribu dan  satu mesin pecahan Rp 50 ribu. “Tetapi kami yakin pencapaiannya bisa lebih dari itu, sebab lokasinya juga sangat strategis,” beber dia.
Menurut dia, ATM itu berdiri sebagai strategi dalam memberikan kemudahan layanan atau transaksi, khususnya bagi pengendara motor tanpa harus turun dari kendaraan. Menurutnya, ketersediaan ATM merupakan respon BNI atas pertumbuhan signifikan pemakai motor di Indonesia.
"ATM ini diharapkan mampu mengakomodir kepentingan kebutuhan nasabah dalam bertransaksi dengan nyaman," ungkap dia.
Selain itu, keberadaan ATM ini juga bisa meningkatkan brand image BNI sebagai bank yang melayani semua segmen nasabah, sehingga diharapkan mampu memicu peningkatan transaksi perbankan. Baik inquiry, withdrawal, maupun transfer penggunaan ATM bersama, dan link Bank BUMN. Dengan begitu, maka pendapatan BNI dari fee based income akan meningkat.
Dia menjelaskan, Lokasi di Jalan Danau Toba ini ditetapkan karena aman, dekat dengan Kantor Layanan Sawoajajar, dan berpotensi memiliki tingkat penggunaan yang tinggi. Di Kelurahan Lesanpuro misalnya, tumbuh pesat pertokoan, perumahan, tempat pendidikan dan memiliki arus lalu lintas yang sangat padat. Kendaraan yang lalu lalang melewati jalan tersebut jumlahnya dapat mencapai sekitar 500 kendaraan per menit, belum termasuk angkutan kota (angkot).
Hingga saat ini BNI Kantor Cabang Malang memiliki 18 outlet  yang terdiri dari 1 KCU, 12 Kantor Layanan dan 5 Kantor Kas. Total ATM pada akhir tahun 2014 sebesar 202 unit ATM yang terdiri dari ATM Tunai 178 unit, ATM Non Tunai 11 unit, CDM 8 unit, BNI Layanan Gerak (BLG) 1, Drive Thru 1 unit dan Ride Thru 1 unit.(ley/ary)