Tiket Penerbangan dan Hotel Sold Out

MALANG – Mendekati akhri tahun hingga (29/12) tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan telah habis terjual. Beberapa biro perjalanan di Malang menyebutkan hampir 90 persen merupakan tujuan Malang – Denpasar.
Tiketing Wisata Lintas Benua, Diva Wina mengatakan, saat ini tiket pesawat menuju Denpasar sudah habis. Ia memaparkan, lonjakan jumlah pembeli terjadi sejak dua minggu yang lalu. Mulai dari harga paling murah Rp 500 ribu hingga diatas  Rp 1 juta telah terjual. Dua maskapai penerbangan yang paling banyak digunakan adalah Citilink dan Wings Air karena harga yang relatif murah.
“Tiket ke beberapa kota untuk tanggal 31 saat ini sudah kosong. Ada sekitar 200 tiket yang terjual,” ucap Diva.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Sales Executive Kaha Tours and Travel, Norma Yunarti. Ia mengungkapkan, momen akhir tahun yang digunakan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga itu membawa dampak terhadap penjualan tiket pesawat. Dibandingkan hari biasa, peningkatan sejak duan minggu yang lalu terjadi hingga 50 persen.
“Peningkatan penjualan untuk tiket pesawat sendiri mencapai 50 persen dengan tujuan terbanyak adalah Denpasar,” terangnya pada Malang Post.
Ia mengatakan, tiket untuk tujuan Denpasar habis terjual hingga Tahun Baru 2015. Banyaknya wisatwan yang memilih ke Bali menurutnya karena adanya cuti bersama setelah Natal dan libur awal tahun. Hal itu bisa dilihat dari perbandingan penjualan tiket tahun lalu dan kali ini. Sementara itu, Norma menambahkan, untuk perjalanan ke luar negeri seperti Singapura juga masih banyak.
“Pemesanan tiket ke Singapura untuk tahun baru ini juga masih banyak. Tapi itu kebanyakan bukan untuk family atau liburan namun urusan bisnis,” tambahnya.
Bukan hanya tiket pesawat, menurutnya jumlah reservasi hotel juga mengalami kenaikan hingga 60 persen. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memesan hotel untuk menghabiskan malam tahun baru baik di Kota Batu maupun Kota Malang.
“Kalau hotel saat ini masih kita sediakan tapi tinggal beberapa saja. Hotel yang paling banyak dicari itu yang ada di Kota Batu, Jogja, Bali, Surabaya dan Malang sendiri,” lanjut Norma.
Menurutnya, pemesanan berbagai hotel di Kota Batu yan telah penuh dua minggu yang lalu membuat masyarakat mengalihkan tujuannya ke Malang. Hal itu karena sampai saat ini masih ada beberapa hotel yang okupansinya belum 100 persen. Ia memperkirakan seluruh hotel akan penuh pada hari Selasa (30/12).
“Kalau hotel di Bali hampir semuanya sudah terisi. Untuk wilayah Malang mungkin tanggal 30 nanti sudah sold out. Hal itu juga bisa terjadi di beberapa kota wisata lain seperti Jogja dan Surabaya,” pungkasnya. (mg5/fia)