Fashion Syar’I Berkembang Pesat di 2015

DALAM hitungan beberapa jam ke depan, kita sudah berada di tahun 2015. Berbagai peristiwa ekonomi terjadi sepanjang 2014 lalu, termasuk berkembang pesatnya fashion di Malang Raya, termasuk perkembangan bisnis fashion yang menjamur, baik offline shop hingga online shop yang menawarkan koleksi fashion yang berkualitas dan up to date.
Sepanjang tahun ini, pameran fashion kian marak di Kota Malang. Beberapa pusat perbelanjaan (mall) berlomba mengadakan pameran fashion. Pelakunya pun, tidak hanya warga lokal Malang, tetapi event organizer dari luar kota seperti Gusindo Organizer dan Queena Organizer, yang bersaing dengan Queen Mozza, Fortune Organizer hingga Kreator.
Tidak heran, trend fashion terbaru selalu menjadi hidangan sehari-hari masyarakat di Malang. Entah itu fashion dari pusat mode di Indonesia seperti Bandung, Batik dari Jawa Tengah hingga aksesoris menarik dari kawasan Lombok.
Yang menonjol, sepanjang 2014 ini adalah store fashion muslim yang menuai berkah. Pasalnya, keinginan masyarakat tampil syar’i membuat store tersebut dalam tempo yang sangat cepat mengeluarkan koleksi paling baru. Bahkan, tidak perlu menunggu hitungan bulan, karena cukup dengan dua minggu saja dipastikan ada model terbaru untuk berbusana syar’i.
Perkembangan ini pun diprediksi kian memasuki masa puncak di tahun 2015 besok. Tidak hanya dari sektor fashion, muslim market juga akan menemui masa puncak. Mulai dari bisnis hotel syariah, perbankan syariah, travel syariah hingga label makanan bersertifikasi halal.
Dalam Market Outlook 2015 pun diprediksi, siapapun yang bergerak di bidang bisnis muslim market, akan menuai berkahnya di tahun ini. Sehingga, banyak pengamat ekonomi terutama mereka yang intens di pasar marketing meyakini, market Moslem tidak akan mati.
Hal ini semakin ditunjang dengan kondisi masyarakat di Indonesia. Sebagian besar masyarakat beragama Islam yang mulai membutuhkan perangkat syar’i untuk kebutuhan fashionnya.
Di tahun 2014, Kota Malang juga ditandai dengan hadirnya Malang City Point. Pusat perbelanjaan tersebut mulai beroperasi, dan mengandalkan beberapa brand yang berkualitas. Seperti Sport Station, Ace Hardware dan J.Co yang menjadi fenomena. Kehadiran J.Co, bahkan mengundang deretan anak muda di Malang untuk antri menikmati sajian bakery ala J.Co.
Tahun ini, hanya ada satu hotel baru yang beroperasi. Jauh berbeda ketimbang 2013 lalu dimana banyak hotel baru bermunculan, di tahun 2014 tercatat hanya Hotel Horison Ultima di kawasan Araya saja yang turut menambah persaingan bisnis perhotelan di Malang kian ketat. (Stenly Rehardson)