Suzuki Target 1290 Unit Penjualan di 2015

MALANG – Persaingan otomotif kian ketat di tahun 2015 ini. Hal ini disebabkan
makin beragamnya varian baru yang terus bermunculan dan memaksa diler otomotif mulai berancang mematok target penjualan sejak awal tahun, tak terkecuali Suzuki United Motor Centre (UMC) Malang. Authorized diler Suzuki tersebut, sepanjang 2015 ini mematok penjualan sebanyak 1290 unit, dengan mengandalkan unit Ertiga untuk menggoda pasar.

Kepala Cabang Suzuki UMC Malang, Yulianto menyampaikan, tahun ini target pertumbuhan oleh diler tersebut naik ketimbang tahun lalu. Suzuki UMC mematok pertumbuhan sebesar 7 persen ketimbang target di tahun 2014 lalu.

”Tahun ini, kami mematok target 1290 unit yang terjual. Rata-rata penjualan harus mencapai 110 unit per bulan,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini membuat average penjualan naik sekitar 15 persen dari raihan di tahun 2014. Pasalnya, Suzuki UMC sepanjang 2014 mencatat penjualan di angka 92 unit per bulan. Padahal, target yang dipatok antara 100-102 unit per bulan. Dia menyebutkan, untuk tahun 2013, Suzuki UMC mencatat penjualan rata-rata sebesar 95 unit per bulan.

”Tahun lalu, target memang tidak tercapai. Hampir semua diler otomotif mengalami hal yang sama. Makanya, di tahun ini kami tetap mengusung target lebih tinggi ketimbang target tahun lalu,” beber pria yang akrab disapa Yuli tersebut.

Maka dari itu, diakui oleh Yuli, di tahun ini UMC Malang memiliki target yang lebih besar. Yakni memperbaikan raihan di tahun 2014, dan bisa mencapai target minimal, yakni 7 persen. ”Secara nasional, Suzuki mematok pertumbuhan 5-7 persen. Kami harus mencapai dua kali lipatnya,” imbuh Yuli.

Sementara itu, dari catatan di tahun lalu, Suzuki Ertiga masih memimpin penjualan Suzuki dengan prosentase sebesar 60 persen. Di posisi berikutnya, pendatang baru yang termasuk seri low cost green car (LCGC), yakni Karimun Wagon R bersaing dengan seri Carry yang terdiri dari empat varian.

Tahun ini, ketiga seri itu tetap menjadi andalan. Ditambah lagi dengan Suzuki APV yang mengeluarkan seri Luxury. ”Kami optimis di tahun ini, tiga seri yang tahun lalu menjadi backbone Suzuki tetap laris dan membuat market share meningkat. Selain itu, upgrade terbaru dari APV, Swift dan Vitara,” tandas dia. (ley)