Coba Lulur Anggur untuk Awet Muda

MALANG -  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit agar terlihat segar, sehat dan bersih. Salah satunya dengan lulur yang terbuat dari buah-buahan segar seperti Strawberry, Anggur, Bengkoang dan Coklat.
Salah satu manfaat lulur adalah untuk melepaskan sel kulit mati sehingga mampu beregenerasi dan terhindar dari penuaan dini, kering dan juga bersisik. Fungsi lain dari lulur untuk membuat kulit lebih harum dan segar. Salon khusus wanita, Allura yang ada di Jl. Kadaka Kalpataru itu kini menyediakan berbagai pilihan lulur yang dikombinasikan dengan buah-buahan.
“Ada banyak pilihan lulur buah yang bisa dipilih. Nanti kita juga akan menambahkan buah-buahan segar yang diblender dan dicampur ke lulur sehingga aromanya akan lebih terasa dan membuat fikiran lebih tenang,” tutur Pemilik Allura Daily Spa Ella Rosmina Royetmala.
Ia mengatakan, customer yang datang lebih banyak memilih lulur Strawberry karena kandungan  yang ada sangat bermanfaat terhadap kesehatan serta kecantikan kulit. Dalam buah tersebut, lanjutnya, terdapat vitamin E, baking soda, serta secaklang gula yang berfungsi untuk membersihkan, mencerahkan, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaan lulur Strawberry juga bisa memperlancar peredaran darah.
“Banyak yang lebih memilih lulur Strawberry ketimbang lulur buah yang lain. Manfaatnya memang sangat banyak salah satunya untuk mencerahkan kulit dan memperlancar peredaran darah,” lanjutnya.
Ella menjelaskan, khasiat lulur Anggur hampir sama dengan lulur Strawberry. Namun dalam lulur buah biru itu mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel kulit dari radikal bebas. Sehinggga kulit terlihat awet muda dan flek hitam dapat berkurang. Sementara lulur Bengkoang mampu mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih dan terang. Menurutnya, Bengkoang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin dan sejuk yang berkhasiat mendinginkan kulit.
 “Selain itu, kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga,” terangnya pada Malang Post.
Menurutnya, untuk wanita yang bermasalah dengan bau badan bisa menggunakan lulur Coklat. Kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan kulit lembab, halus dan tidak terlalu sensitive terhadap sinar matahari sehingga bisa menghilangkan bau badan. Adanya antioksidan Flafonol menjadikan kulit terlihat lebih cantik dan sehat.
“Sebelum dioleskan ke seluruh tubuh, lulur dicampur dengan minyak zaitun. Bisa juga ditambahkan dengan air mawar dan madu agar kulit lebih lembut. Namun untuk Lulur Bengkoang biasanya dicampur dengan air jeruk nipis untuk menyegarkan kulit,” tambah Ella.
Ella menjelaskan beberapa tahapan akhir dalam lulur. Jika lulur sudah sedikit mengering maka terapis akan menggosok kulit secara perlahan agar lulur jatuh. Setelah itu, tubuh dibersihkan dengan mandi air hangat. Proses yang dibutuhkan dalam perawatan itu kurang lebih selaama tiga jam. Menurutnya, efek dapat dilihat dalam  jangka panjang karena produk yang mereka gunakan adalah alami. (mg5/oci)