Makin Nyaman dengan Datsun Go Plus Panca

MALANG – Datsun Go Plus yang diluncurkan lebih awal dari Datsun Go sampai saat ini masih menjadi mobil pilihan yang banyak dibeli oleh masyarakat. Hal itu karena desain yang lebih lapang sehingga mampu menampung banyak orang.
Mobil jenis MPV dengan tiga baris kursi penumpang ini dikeluarkan pada pertengahan tahun 2014 itu terus mengalami perbaikan baik segi interior maupun fiturnya. Saat ini tipe terlengkap dari mobil tersebut adalah Datsun Go Plus Panca 1.2 T Option (LADO) – PEA yang dijual seharga Rp 111,3 juta.
Dimensi Datsun Go Plus memiliki panjang 3995 mm, lebar 1635 mm dan tinggi 1485 mm, dengan jarak sumbu roda 2450 mm. Fitur terbaru yang diaplikasikan pada mobil tersebut adalah adanya Body Impact yang mampu melindungi pengendara dan penumpang ketika terjadi kecelakaan.
“Body Impact adalah fitur terbaru yang diaplikasikan pada semua Datsun. Terbuat dari besi yang lebih tebal sehingga ketika terjadi kecelakaan, pengendara dan penumpang bisa terlindungi karena body mobil tidak mudah rusak,” terang Supervisor Marketing Datsun Bayu Loberisky.
Lekuk body pada hampir keseluruhan eksterior berfungsi sebagai sistem aerodinamik mobil. Lekuk tersebut, lanjut Bayu, mampu menjaga mobil tetap stabil meskipun dalam kecepatan tinggi karena gesekan dengan udara bisa dipermudah. Ada juga wiper atau kipas penyapu air otomatis yang menyala saat ada rintik hujan menetes pada kaca depan mobil. Sedangkan pada bagian belakang mobil dilengkapi sensor parkir yang akan menyala ketika mobil berjalan mundur.
“Jika ada benda di belakang mobil semakin dekat maka sensor akan berbunyi semakin keras. Di bagian belakang atas juga memiliki spoiler dan high mount stop lamp yang memperindah tampilan mobil dan menambah sinyal keselamatan saat mobil melakukan pengereman,” papar Bayu.
Menurutnya, Datsun Go Plus memiliki interior yang dirancang lega. Interior itu untuk membuat ruang penumpang semakin luas. Bayu mencontohkan untuk tuas kopling telah diletakkan pada dashboar bawah sehingga ruang penumpang depan menjadi lebih lebar. Letak tuas kopling pada dashboar ini memudahkan pengemudi untuk mengganti posisi tuas kopling atau transmisi karena terlihat dengan jelas dan mudah dijangkau.
Ia juga mengatakan, Datsun Go Plus memiliki mesin 1200 cc dan memakai sistem transmisi manual termasuk mobil dalam kategori Low C (LCGC). Selain itu, konsumsi bahan bakar yang lebih irit dimana 1 liter Pertamax bisa menempuh jarak hingga 20 km.
”Waktu test ride menggunakan bahan bakar jenis Pertamax itu jarak  20 km hanya menghabiskan 1 liter,” lanjutnya.
Datsun Go Plus tipe tertinggi ini sudah dilengkapi dengan sistem audio, AC, power window, power steering dan keyless entry.  Adanya Power Steering Elektronik (EPS) menurut Bayu mampu meringankan putaran setir. (mg5/oci)