Suzuki Kejar Market Share 12 Persen di 2015

MALANG – Salah satu Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki Motor yaitu PT. Sejahtera Buana Trada membuka cabang barunya di Malang. Ekspansi ke kota pendidikan ini menjadi strategi Suzuki untuk menaikkan market share di Malang dari 8 persen menjadi 12 persen.
Sales Head PT. Sejahtera Buana Trada Jatim Bayu Hermawan Prakoso mengatakan, pemilihan kota Malang sebagai cabang dealer karena kota ini memiliki potensi yang besar. Catatan penjualan Suzuki di Malang menduduki peringkat ketiga setelah Surabaya dan Sidoarjo.
”Adanya PT. Sejahtera Buana Trada di Malang karena ingin meningkatkan market share dari 8 persen menjadi 12 persen. Sehingga bisa setara dengan dua kota seperti Surabaya dan Sidoarjo yang penjualannya memang bagus,” terang Bayu pada Malang Post.
Dealer yang berada di jalan Ciliwung tersebut ditargetkan mampu menjual sedikitnya 50 unit pada bulan pertama. Angka tersebut akan dinaikkan menjadi 60 unit di bulan selanjutnya. Bayu mengungkapkan, pick up mobil Carry masih mendominasi 50 persen penjualan Suzuki di Jawa Timur. Sedangkan 40 persennya ada pada penjualan Ertiga dan 10 persen merupakan Wagon R.
”Untuk kalangan keluarga, masih banyak yang memilih Ertiga dibandingkan Wagon R. Itu karena fitur yang selalu diupgrade dan harganya juga terjangkau,” tambahnya.
Saat ini, harga Ertiga dari tipe terendah yaitu GL DB Rp 181.500 juta. Sedangkan tipe tertingginya GL A/T Sporty Rp 205 juta. ”Di Malang, kami masih akan mengandalkan Ertiga untuk menggenjot penjualan. Selain itu kami juga akan mendorong penjualan pick up carry,” tegas dia.
Bayu menambahkan, demi mengejar target penjualan, maka dealer langsung melayani konsumen meskipun pembangunan infrastruktur masih berjalan. ”Saat ini sudah soft opening. Jika tidak ada aral melintang, grand opening akan dilakukan tiga bulan lagi,” lanjutnya.
Selain melayani penjualan produk, dealer tersebut juga melayani jasa service. Pembangunan untuk area service sendiri ditargetkan memakan waktu tiga bulan setelah renovasi area penjualan.
”Tidak hanya untuk penjualan, nantinya disini juga bisa untuk servis lengkap dengan spare partnya agar masyarakat lebih mudah dan lebih puas terhadap layanan serta fasilitas yang disediakan oleh Suzuki. Mungkin akan selesai enam bulan lagi,” papar Bayu. (mg5/fia)