Berburu Miniatur Anak Desa di KiRangan

Salah satu koleksi miniatur yang dijual oleh KiRangan

MALANG–KiRangan merupakan brand asli dari Malang. Berbagai jenis miniatur yang ada seperti becak, vespa, andong dan wayang paling banyak dibuat sebanyak dua buah. Kepala Toko KiRangan Handy Craft Matos, Rina Puji Lestari mengatakan, segala macam miniatur yang ada selalu limited edition. Ia mengatakan, pecinta seni ukir, pahat dan yang lainnya akan mudah mendapatkan apa yang mereka cari di galeri tersebut.
Bahan yang diguankan juga bervariasi seperti logam, fiber, kayu, kuningan, perunggu dan keramik. ”Koleksi miniatur yang ada disini limited edition sehingga banyak orang yang menyukai seni datang mencari barang unik dan antik kesini,” terangnya pada Malang Post.
Salah satu contoh miniatur yang ada seperti Kramik Blonyo yang dibuat dari kramik. Terdapat dua ukuran yaitu besar dengan harga Rp 325 ribu dan kecil senilai Rp 225 ribu. Rina menambahkan, terdapat tiga jenis miniatur becak yang ada saat ini yaitu becak lukis Rp350 ribu, becak India Rp 160 ribu dan becak Malaka Rp 115 ribu.
”Disini banyak pilihannya. Mulai dari alat transportasi hingga wayang,” lanjutnya.
Ada juga miniatur pesawat yang dibuat dari fiber dengan harga Rp 80 ribu untuk ukuran kecil dengan panjang 20 cm. sedangkan ukuran 30 cm yang lebih besar Rp 160 ribu. Miniatur wanita membatik yang terbuat dari fiber harganya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 160 ribu. Rina menjelaskan, hampir 90 persen barang yang ada mengandung unsur etnik dan budaya.  
”Jika kita amati satu persatu maka akan terlihat kalau hampir semua miniatur yang ada mengandung unsur etnik,” tambahnya.
Rina mengatakan, selain miniatur KiRangan juga menjual kaos dengan desain yang masih mengusung unsur budaya. Hal itu biasa dilihat dari gambar bagian depan kaos yang banyak mengusung tema wayang. Namun ada juga kaos yang bergambar sosok pahlawan negeri seperti Bung Tomo.
”Selain pada miniatur, unsur budaya itu masih bisa dilihat dari desain kaos yang ada seperti wayang,” pungkasnya.(mg5/ary)