Lampu LED Pintar Menyala Saat Listrik Padam

MALANG – Light Emitting Diode atau LED Emergency Light adalah terobosan baru dari dunia elektronik yang mampu menyimpan daya sehingga lampu secara otomatis akan hidup ketika listrik padam. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir saat listrik mati karena lama penerangan lampu tersebut mencapai 7 jam.
Menggunakan 22 buah LED Surface Mount Device (SMD) yang mampu membuat ruangan terlihat terang seperti kondisi normal. Pemasangannya juga cukup mudah. Kepala Toko H-Look Rina Susanti menjelaskan, fitting lampu emergency dipasang pada fitting lampu yang ada di rumah. Selanjutnya, lampu neon atau bohlam dipasang pada tengah fitting emergency lamp tersebut.
”Pastikan fitting emergency lamp selalu dalam keadaan on agar sistem otomatisnya dapat berfungsi. LED Emergency Light ini merupakan solusi saat listrik padam karena lama penerangannya bisa sampai 7 jam, ” terangnya pada Malang Post.
Rini juga mengatakan, diameter lampu yang hanya11 cm itu mampu menjangkau ruangan dengan 4 x 5 meter. Kelebihan lainnya adalah hemat daya listrik sehingga baterai atau aki kering didalamnya akan lebih awet. Menurutnya, ketika LED Emergency Lamp pastikan terdapat tombol atau knop yang berfungsi sebagai pengatur terang dan redup cahaya lampu. Terkait perawatan, Rini memberikan beberapa tips seperti pengisian baterai pada saat awal pembelian harus dilakukan hingga baterai benar-benar penuh dengan kisaran waktu 6 jam.
”Jika dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan emergency lamp ini tak digunakan lakukan pula seperti poin pertama tadi,” lanjutnya.
Selain itu, untuk merawat LED Emergency Lamp seharga Rp 299 ribu itu, sebisa mungkin untuk tidak menghubungkan steker atau kabel pengisian ke jala listrik. Menurut Rini hal itu akan mengakibatkan baterai bocor.
”Lebih parah lagi lama-kelamaan baterai tak mampu menyimpan arus listrik,” lanjutnya.
Jika lampu LED menggunakan TL atau neon maka sebaiknya mengganti TL jika telah terlihat noda hitam. Jika tidak dilakukan maka akan dikhawatirkan dapat menghambat kinerja rangkaian eletronik di dalam emergency lamp yang berdampak buruk pada baterai atau aki kering didalamnya. (mg5/fia)