Sales Perhiasan Meningkat Terkerek Agenda Pernikahan

MALANG – Awal tahun ini, kemilau perhiasan yang bertabur dengan berlian sangat menarik bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatkan sales jewelry sebulan terakhir, terutama wedding ring yang menjadi persiapan bagi calon pengantin sebelum melangsungkan tunangan maupun pernikahan.
Manager Logam Mulia Jewellry, Benny Hartono menyampaikan, penjualan perhiasan mulai meningkat sejak akhir tahun lalu. “Jelang Natal, penjualan perhiasan terasa meningkat ketimbang bulan sebelumnya dan masih berlanjut hingga saat ini,” ujarnya.
Menurut dia, bedanya antara Desember dan Januari yakni tipe pembelinya. Bila Desember lalu membeli emas atau perhiasan untuk menyambut Natal, maka di bulan ini cenderung pemesanan perhiasan yang dilakukan oleh pelanggan yang akan melangsungkan acara sakral, misalkan pertunangan maupun pernikahan.
“Dua bulan terakhir ini sales sangat meningkat, antara 20-30 persen ketimbang November tahun 2014. Januari ini, lebih pada pemesanan perhiasan,” terang dia.
Menurut dia, penjualannya memang tidak sebanyak perhiasan yang menawarkan emas murni. Sebab, dengan adanya berlian untuk mempercantik tampilan jewelry, harganya pun lebih mahal. Patokan harga di atas Rp 2 juta hingga Rp 40 jutaan bahkan bisa mencapai ratusan juta.
“Namun bila diperhitungkan pertumbuhan, jelang adanya momen pernikahan antara Maret sampai Mei mendatang, peningkatan sangat terasa. Hampir setiap hari ada penjualan dan pemesanan,” bebernya kepada Malang Post.
Menurutnya, Januari ini yang membuat sales terasa meningkat karena tingkat pemesanan yang tinggi. Dia mengakui, hal itu wajar sebab customer akan mencari aman untuk memesan perhiasan jauh hari sebelum momen sakralnya. Terutama untuk perhiasan berjenis wedding ring. Selanjutnya kalung, anting dan gelang.
Dia memprediksi, jumlah penjualan dan pemesan akan lebih meningkat lagi Februari mendatang. Menurut dia, dibanding bulan ini bisa lebih banyak lagi mencapai 20 persen.
Sementara itu, di tahun ini Logam Mulia Jewellry mematok pertumbuhan sales mencapai 40 persen. Hal ini berdasarkan pencapaian dua gerainya di tahun 2014 lalu yang bertumbuh 30 persen. “Tahun ini kami yakin makin dikenal dan perhiasan bertabur berlian semakin diminat, sehingga pertumbuhan harus lebih tinggi,” tandas dia. (ley/fia)