Kantor Pos Target Omzet Rp 46,8 Miliar

MALANG – Persaingan bisnis jasa pengiriman yang semakin ketat, tidak menghalangi PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Cabang Malang untuk mematok pertumbuhan omzet mencapai 40 persen di tahun 2015 ini. Hal ini berdasarkan pencapaian tahun lalu, omzet yang digapai oleh Kantor Pos mencapai Rp 33,45 miliar dari sektor jasa pengiriman dan layanan jasa keuangan.
“Berdasarkan pencapaian di tahun lalu, untuk tahun 2015 ini kami mematok target omzet mencapai Rp 46,8 miliar baik dari mail dan parcel maupun bisnis jasa keuangan,” ujar Manager Pemasaran Kantor Pos Besar Malang, Rusdianto.
Dia menyampaikan, target ini meningkat sekitar Rp 13,35 miliar di tahun ini. Bila dirata-rata, dalam sebulan Kantor Pos mematok omzet sekitar Rp 3,5 miliar dan 80 persen ditargetkan berasal dari sektor mail dan parcel.
“Pengiriman surat dan paket masih menjadi andalan. Seperti tahun lalu, sektor ini mampu menyumbang sekitar 85 persen,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Rusdi ini merinci, di tahun ini omset dari sektor mail dan parsel memberi sumbangsih sebesar Rp 28 miliar. Sisanya, dari jasa keuangan seperti wesel, penyewaan lahan dan beberapa sektor lainnya. Secara prosentase lokasi transaksi, 54 persen berlangsung di Kantor Pos Besar di Jalan Merdeka Selatan, sisanya dari cabang yang tersebar di area Malang Raya sebesar 46 persen.
Sementara itu, secara khusus dia merinci sektor mail dan parcel. Kantor Pos mencatat pelanggan walk in untuk pengiriman sebesar Rp 19,02 miliar. Sedangkan untuk pelanggan korporat seperti lembaga pendidikan dan leasing, memberi sumbangan sebesar Rp 5,89 miliar.
Rusdi melanjutkan, sepanjang 2014 lalu laba bersih yang digapai oleh Kantor Pos Besar Rp 10,1 miliar. Menurutnya, laba diperoleh setelah keseluruhan pendapatan dikurangi pembayaran gaji pegawai, transportasi hingga biaya promosi.
Di tahun ini, menurutnya, Kantor Pos akan memberikan terobosan untuk menggapai target. Misalnya dengan memanfaatkan Hardiknas untuk bekerjasama dengan kepala daerah karena adanya lomba mengirim surat. Selain itu, beberapa perangko spesial untuk promosi wisata di Kabupaten Malang dan Kota Batu akan diluncurkan di tahun ini. (ley/fia)