BRI Siapkan Rp 3T untuk Ekspansi Bancassurance

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bakal merambah bisnis asuransi jiwa melalui akuisisi perusahaan asuransi jiwa lokal. Perseroan telah menyiapkan dana sedikitnya Rp 3 triliun. Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni mengungkapkan, bank pelat merah itu tengah menjajaki pembelian perusahaan asuransi jiwa dalam negeri untuk mengembangkan bisnis. Emiten berkode BBRI itu menargetkan rencana ini bisa terealisasi di semester awal tahun ini.
"Tahun ini kita tetap buka peluang untuk akusisi, yang pertama perusahaan asuransi karena potensi besar. Penyertaan kita siapkan Rp 3 triliun, targetnya semester satu tahun ini," ujarnya saat ditemui di Gedung BRI, Jakarta, Senin (26/1/2015).
Baiquni menyebutkan, jumlah nasabah BRI yang saat ini mencapai lebih dari 50 juta bisa dijadikan target untuk masuk ke bisnis asuransi. Menurut Baiquni, Ini potensi yang cukup tinggi.
"Sebenarnya kita sangat antusias itu asuransi jiwa untuk bancassurance kita, semester satu bisa terealisasi, memang berapa besar size-nya belum bisa dikatakan, karena belum terlalu besar, untuk membesarkan, nasabah lebih dari 50 juta itu target untuk memasarkan bancassurance," paparnya.
Baiquni menjelaskan, selain untuk akuisisi perusahaan asuransi, dana tersebut juga disiapkan untuk akuisisi perusahaan sektor keuangan lainnya seperti bank dan sekuritas.
"Kalau dapat perusahaan asuransi yang bagus kemungkinan untuk itu dulu. Sekuritas baru mau dijajaki lagi tahun ini. Bank kalau ada, ya boleh. Dulu Mutiara tapi gagal," imbuh Baiquni.(dtc/fia)