Mengolah Limbah menjadi Berkah

Oleh : Ambar Fidyasari, S.T.P., M.P.

Limbah bisa menjadi berkah? Wah, limbah apa ya? Limbah merupakan hasil samping suatu proses yang biasanya dibuang begitu saja dan kurang dimanfaatkan. Melihat kenyataan ini, kita harus cerdas menyiasati bahwa sebetulnya dibalik limbah tersebut sebenarnya masih ada manfaat yang luar biasa.
Ampas tahu merupakan hasil samping dari proses pembuatan tahu yang biasanya berbentuk semisolid. Ampas tahu ini biasanya dibuat pakan ternak dan dalam waktu 24 jam ampas tahu memang sering menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga dapat mencemari lingkungan. Namun demikian, ternyata kandungan gizi didalam ampas tahu cukup tinggi. Selain komponen gizi makro dan mikronya, ampas tahu masih mempunyai senyawa bioaktif di dalamnya.
Oleh sebab itu, ternak yang sering disuplai pangan dengan ampas tahu akan menjadi gemuk dan sehat. Komponen gizi makro dan mikro dalam ampas tahu dapat berupa protein, karbohidrat, mineral serta komponen bioaktif berupa isoflavon dan fitosterol. Dengan demikian, ampas tahu sangat berpotensi sebagai bahan baku dalam pembuatan produk pangan yang bersifat nontoksik.
Berdasarkan kandungan gizi pada ampas tahu tersebut maka Akademi Analis Farmasi dan Makanan (Akafarma) Putra Indonesia Malang membuat terobosan baru berupa produk-produk pangan berbahan ampas tahu. Produk pangan berbahan dasar ampas tahu tersebut sudah melalui formulasi yang teruji secara laborat dan penelitian ilmiah. Produk ini sengaja dibuat dengan harga terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Kandungan nutrisi yang tinggi pada produk pangan ini berdampak positif pada kesehatan sehingga produk ini dapat dimasukkan ke dalam golongan pangan fungsional, yakni pangan yang tidak hanya berfungsi mengenyangkan, namun lebih mengutamakan fungsionalnya atau manfaatnya terhadap kesehatan, antara lain: mengatasi hipertensi, obesitas/ kegemukan, dan diabetes.
Produk berbahan ampas tahu ini juga diproduksi oleh anggota Posdaya di Kelurahan Arjosari, Kota Malang. Melalui kegiatan pelatihan pembuatan produk dengan bahan dasar limbah tahu bagi warga Arjosari tersebut, akhirnya terbangunlah pemikiran yang luar biasa dikalangan masyarakat Arjosari. Limbah yang tadinya hanya dibuat pakan ternak, saat ini telah dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat sebagai diversifikasi produk pangan. Upaya pemanfaatan limbah ini selain mengurangi pencemaran lingkungan akibat bau tak sedap, lingkungan sekitar menjadi bersih dan sehat, juga merupakan upaya pengembangan sumber daya yang dapat membuka peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar.
Produk pangan berbahan dasar ampas tahu yang telah diproduksi ini cukup lezat, bergizi, menarik dan  memberikan sensasi luar biasa. Mengapa demikian? Bahan dasar ampas tahu ini memiliki keunggulan, yakni protein yang terkandung berupa asam amino arginin dan glisin. Komponen ini merupakan penyusun hormon insulin dan glikogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh sehingga semakin tinggi protein maka sekresi hormon insulin dan glikogen pun meningkat. Akibatnya, dapat menekan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, penderita diabetes dapat meningkatkan insulin dengan rutin mengonsumsi protein tersebut. Selain protein yang tinggi, ampas tahu terdiri atas asam lemak jenuh sehingga tidak mengakibatkan kolesterol, sedangkan kandungan isoflavonnya dapat mencegah kulit keriput, merangsang pembentukan kolagen, dan bertindak sebagai agen antioksidan.
Informasi dan Pendaftaran :
AKFAR dan AKAFARMA PUTRA INDONESIA MALANG
Jl. Barito 5 Malang  Jawa Timur
Contact Person     : 08564.999.46.50 | 081.945.777.106 | 085.755.313.924
Pin BB         : 528766EF
Berbagai produk yang dihasilkan oleh Akafarma Putra Indonesia Malang bersama Posdaya Arjosari berupa VEGE NUGGET yaitu nuget yang mengandung aneka sayuran, SOY FRUIT JAM atau selai buah-buahan, SOYBEAN ABON atau abon pengganti daging dan SOY JOY atau penyedap rasa pengganti Monosodium Glutamat (MSG). Produk ini semuanya berbahan dasar ampas tahu dan telah mendapatkan sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan Sertifikat Keamanan Pangan dari Dinas Kesehatan Kota. Sungguh luar biasa manfaat dari berbagai pangan inovasi Akafarma ini.
Limbah yang selama ini dijadikan pakan ternak, ternyata masih memiliki manfaat fungsional bagi kesehatan sehingga menjadi berkah. Lebih dari itu, masyarakat yang ingin mendapatkan pelatihan untuk pembuatan produk dengan bahan dasar limbah tahu ini dapat menghubungi Akafarma Putra Indonesia Malang. Pelatihan ini akan bermanfaat sebagai bekal untuk membuka peluang usaha baru yang dapat menyerap sumber daya manusia dalam masyarakat. Apakah Anda berminat?