Penginapan Hommy Mulai Rp 175 Ribu

MALANG – Awal tahun membuat berbagai sektor bisnis memberikan penawaran spesial. Begitu pula yang dilakukan oleh guest house, penginapan yang mengusung konsep hommy g memberikan harga lebih murah ketimbang biasanya. Salah satunya Hasanah Buring Guest House, yang membandrol kamar mulai dari Rp 175 ribu per malam sejak pertengahan Januari lalu.
”Sejak pertengahan bulan lalu harga kamar di guest house kami turun untuk dua tipe, yakni standart room dan superior room,” ujar Manager Hasanah, Firman Ferdiansyah.
Dia menyampaikan, harga awal dari kamar standart dipatok Rp 200 ribu per malam
untuk weekday, antara Minggu-Kamis. Sementara, untuk harga di momen weekend dan hari libur, guest house yang berada di Jalan Buring ini sebesar Rp 230 ribu per malam. ”Namun kini menjadi Rp 200 ribu saja untuk hari Jumat dan Sabtu serta hari libur, berlaku untuk ketiga guest house Hasanah,” jelas Dian, sapaan akrabnya.
Dian menuturkan, harga yang berubah juga berlaku untuk kelas di atasnya, yakni superior room. Kini, untuk menginap di penginapan dengan bangunan khas Belanda itu, maka tamu mesti menyiapkan dana sebesar Rp 250 ribu per malam atau turun sebesar Rp 20 ribu. ”Meskipun tipis, namun sangat menarik bagi tamu. Apalagi promo yang kami tawarkan bisa tertulis di bawah Rp 200 ribu,” sebut dia kepada Malang Post.
Pria ramah ini menjelaskan, bila harga khusus ini untuk menarik tamu di awal tahun dan menjaga tingkat okupansi guest housenya. Menurut dia, Januari lalu tingkat keterisian guest house dengan 20 kamar ini sebesar 70 persen. ”Sudah sangat bagus ketika awal tahun yang memang masa terakhir liburan sekolah,” jelasnya.
Dia mengakui, angka okupansi tertolong oleh loyal customer yang stay dalam jangka waktu lama di sana. Misalnya ada dua kamar yang dipesan dalam tempo lebih dari tiga bulan. ”Ada yang loyal, seperti dari staf klub sepak bola yang stay lumayan lama. Selain itu, tempat ini bisa dijadikan jujukan bagi marketing yang tengah mengadakan promo event di Malang,” urai dia panjang lebar.
Dian menjelaskan, Hasanah Guest House merupakan penginapan yang mengusung konsep syariah. Persyaratan seperti tamu wajib sudah menikah bagi yang datang bagi pasangan menjadi salah satu syarat. ”Harus yang muhrim untuk menginap di sini,” tegasnya.
Sementara itu, terkait fasilitas terdapat standing shower dalam kamar yang bisa dipilih antara air dingin atau panas. Bagi tamu, tersedia pula welcome drink, free sback dan air mineral. Khusus untuk kamar besar atau tipe deluxe dan suite room, guest house itu menyiapkan sofa nyaman di dalam kamar.
“Selain itu, untuk di lantai dua juga nyaman dengan view taman kecil yang membuat suasana menginap semakin nyaman. Apalagi bila bersama keluarga,” pungkas dia. (ley/han)